Dokter Gerald yang Hilang Disebut Ada di Tangan OPM, Ini Respons Polri

Wilpret Siagian, Saiman - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 12:54 WIB
KKB diduga bakar sejumlah fasilitas umum di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang (ANTARA/HO-pihak ketiga)
KKB diduga bakar sejumlah fasilitas umum di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang. (ANTARA/HO-pihak ketiga)
Jayapura -

Keberadaan dokter Gerald Sokoy yang hilang saat terjadi serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) belum diketahui. Pihak KKB mengklaim telah mengamankan dr Gerald Sokoy di markasnya.

Mereka menyebut dr Gerald Sokoy tersesat saat terjadi penyerangan di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, pada Senin (13/9/2021) lalu.

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat/Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyatakan akan menyerahkan dr Gerald Sokoy ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pegunungan Bintang atau kepada pihak gereja.

Namun mereka tidak menyebut detail waktu dan lokasi gereja penyerahan dr Gerald.

Kabar tersebut disebarkan TPNPB-OPM di media sosial (medsos) Facebook.

Pihak kepolisian tidak lantas percaya dengan pernyataan TPNPB-OPM. Namun pihak kepolisian terus melanjutkan upaya pencarian dr Gerald.

"Kalau itu yang menyampaikan mereka, seharusnya konfirmasi ke mereka," kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito saat dihubungi, Kamis (23/9).

Dia mengatakan aparat TNI-Polri terus melakukan pencarian di Distrik Kiwirok. Pasukan TNI-Polri juga memastikan keamanan warga lain.

"Iya terus pencarian, makanya selalu diupayakan penambahan kekuatan, personel, untuk mendukung pencarian terhadap yang bersangkutan, termasuk mengamankan warga lain," katanya.

Dia mengatakan anggota masih terus bersiaga di Distrik Kiwirok.

"Sementara kita lakukan penebalan sambil seperti kemarin kan juga ada tenaga pendidik dan warga yang dievakuasi ke Jayapura," ujarnya.

Simak juga video 'Hoax-hoax Teroris OPM untuk Sudutkan TNI-Polri':

[Gambas:Video 20detik]



Simak pengakuan nakes yang selamat dari serangan KKB soal kondisi terakhir dr Gerald di halaman selanjutnya.