Polisi: Ribut Warga Vs Satpam Kompleks di Jakbar Dipicu Dugaan Pungli

Firda Cynthia - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 16:24 WIB
Keributan antara warga vs sekuriti di Kembangan, Jakbar (dok.istimewa)
Keributan warga dengan sekuriti di Kembangan, Jakbar (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi menelusuri peristiwa keributan antara satpam dan warga di Kompleks Perumahan Permata Buana, Kembangan, Jakarta Barat. Polisi menyatakan keributan itu dipicu oleh adanya dugaan pungutan liar (pungli).

"Itu diduga ada pungli, termasuk perampasan kendaraan, karena kalau yang viral itu kan mobilnya diambil, dirampas. Itu yang jadi fokus kita, sih," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Joko Dwi Harsono pada Rabu (22/9/2021).

Dalam sebuah video rekaman CCTV yang beredar, terlihat sekelompok satpam kompleks perumahan cekcok dengan warga pada Senin (20/9). Tampak kedua pihak melakukan saling dorong dan berteriak. Ada mobil pikap terparkir di sekitar mereka.

Polisi masih mengusut kasus dugaan pungli pada kasus keributan tersebut. Hingga kini kasus itu telah naik tingkat ke penyidikan.

"(Kasus) sekuriti sudah naik sidik, sudah penyidikan. Terus sekuriti sudah bukan wawancara, tapi sudah kita periksa sebagai saksi," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pihaknya menduga ada praktik pungli. Polisi juga akan mendalami peran 16 satpam itu.

"Karena mereka (satpam) kan kerja, sekuriti ada yang merintah. Nanti kita lihat siapa yang berperan atau tokoh utamanya," kata dia.

Simak video 'Ribut-ribut Belasan Satpam dengan Warga Kompleks di Jakbar':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya