Lantik 12 Direksi BUMD Medan, Bobby: Jangan Korupsi dan Pungli!

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 15:20 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Datuk Haris/detikcom)
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution melantik 12 direksi badan usaha milik daerah (BUMD) Kota Medan. Bobby meminta mereka memanfaatkan digitalisasi serta tidak terlibat korupsi dan pungutan liar (pungli).

Para direksi yang dilantik akan bertugas di tiga perusahaan umum daerah (PUD) yang dimiliki Pemko Medan. Para direksi tersebut pun diminta menandatangani pakta integritas.

"Secara global harus lebih baik, berinovasi dalam memberikan profit untuk bisa menyumbangkan pemasukan bagi pembangunan Kota Medan melalui pemasukan anggarannya. Karena itu salah satu sumber PAD kita, serta lebih baik dalam pelayanan dan lebih baik dalam mengayomi masyarakat," kata Bobby kepada wartawan, Rabu (22/9/2021).

Bobby mengatakan, selain memikirkan profit, para direksi yang dilantik harus bersinergi memikirkan sosial. Para direksi yang dilantik diharapkan paham tentang digitalisasi.

"Karena perusahaan daerah ini selain dia harus memikirkan profit, namun dia harus bisa juga memikirkan sosial. Karena yang dilayani adalah perusahaan daerah, cerminan dari pemerintah daerah, harus juga bisa mengayomi dan memberikan sosialnya juga," ucap Bobby.

Selain itu, Bobby mengingatkan direksi yang dilantik tidak melakukan korupsi serta pungli hingga sampai ke bawah. Jika nanti bawahannya terlibat, direksi akan dimintai pertanggungjawaban.

"Ya itu semua ketetapan selalu saya ingatkan dalam pelantikan apa pun, dalam jabatan apa pun, sekecil apa pun, tanggung jawabnya sebesar-besarnya. Apa pun tanggung jawabnya, korupsi jangan dilakukan. Saya bilang, harus bisa mengkoordinir kalau dia tidak korupsi dalam menjalankan, bawahannya juga jangan ada korupsi, jangan ada pungli. Kalau ada yang pungli itu tanggung jawab mereka (direksi)," ucap Bobby.

Berikut nama-nama direksi BUMD Kota Medan yang dilantik:

Perusahaan Umum Daerah Pasar (PUD Pasar)
1. Suwarno : Direktur Utama
2. Ismail Pardede : Direktur Operational
3. Fernando H Napitupulu : Direktur Administrasi Keuangan
4. Imam Abdul Hadi : Direktur Pengembangan Dan SDM

Perusahaan Umum Daerah Pembangunan (PUD Pasar)
1. Gerald Patogi Siahaan : Direktur Utama
2. Ahmad Yasir Lubis : Direktur Operational
3. Bambang Hendarto : Direktur Umum dan Keuangan
4. Syafrizal Lubis : Direktur Pengembangan

Perusahaan Umum Daerah Rumah Potong Hewan
1. Harisandi Syafril Harahap : Direktur Utama
2. Boy Miharza : Direktur Operasional
3. Jansen Sihaloho : Direktur Umum dan Keuangan SDM
4. Rudi : Direktur Pengembangan

(jbr/jbr)