Gubsu Janjikan Rp 100 M Revitalisasi Lapangan Merdeka, Bobby Siap Eksekusi

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 12:00 WIB
Lapangan Merdeka Medan Sumut
Kawasan Lapangan Merdeka, Medan (Khairul Ikhwan/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi berjanji memberi Rp 100 miliar untuk revitalisasi Lapangan Merdeka, Medan. Wali Kota Medan Bobby Nasution mengaku segera mengeksekusi revitalisasi Lapangan Merdeka tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih atas bantuan Rp 100 miliar untuk revitalisasi Lapangan Merdeka, Medan, dari Pak Gubsu. Kita akan siapkan semuanya. Akhir tahun kita akan tender dan awal tahun langsung dikerjakan," kata Bobby kepada wartawan, Selasa (21/9/2021).

Bobby mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan anggaran untuk revitalisasi Lapangan Merdeka. Menurutnya, revitalisasi Lapangan Merdeka membutuhkan dana Rp 174 miliar.

"(Pemko Medan) sudah menyiapkan juga pendanaan untuk memuluskan revitalisasi tersebut," ucap Bobby.

Bobby mengaku ingin mengembalikan Lapangan Merdeka sebagai ruang terbuka hijau. Dia mengatakan konsep revitalisasi Lapangan Merdeka, Medan, sepenuhnya dikerjakan oleh Pemko Medan.

"Dana untuk revitalisasi Lapangan Merdeka sudah kita alokasikan dan siap kita realisasikan dan alhamdulillah seluruh konsep revitalisasi itu dikerjakan oleh Pemko Medan," ucap Bobby.

Gubsu Edy Ingatkan Bobby soal Penataan Lapangan Merdeka

Sebelumnya, Gubsu Edy mengingatkan Bobby agar tak melupakan nilai sejarah saat menata Lapangan Merdeka. Dia mengingatkan Bobby agar merawat sejarah Kesultanan Deli.

"Saya kecil, main bola di Lapangan Merdeka. Begitu besar, saya pengerek bendera di Lapangan Merdeka. Besar lagi saya, letkol pangkat saya, komandan upacara saya di situ, gubernurnya Tengku Rizal Nurdin. Lebih besar lagi, saya jadi inspektur upacara," ucap Edy dalam rapat di Rumah Dinas Gubsu, Medan, Senin (20/9).

Dalam rapat ini, Edy membahas bentuk Lapangan Merdeka setelah diperbaiki. Dia mengatakan dana yang diperlukan untuk menata Lapangan Merdeka mencapai Rp 174 miliar.

"Dari saya Rp 100 miliar, sisanya Pak Bobby, ya," ucap Edy.

Dana itu nantinya digunakan membangun basemen hingga panggung rakyat di kawasan tersebut. Basemen tersebut bakal terdiri atas 2 lantai.

Lantai pertama bakal dibangun dengan anggaran Rp 112 miliar, basemen lantai dua menghabiskan Rp 42 miliar dan panggung rakyat Rp 20 miliar.

Edy mengatakan penataan Lapangan Merdeka bakal diurus Wali Kota Medan Bobby Nasution. Namun dia meminta pembangunan di Lapangan Merdeka, Medan, tidak menghilangkan corak Melayu sebagai identitas Medan.

"Perlu tahu, di Medan ini tanah Melayu, tanah Deli. Bukan terus dibikin motif Deli, nggak, jangan hilangkan. Di mana bumi dipijak, di situ bumi dijunjung. Diatur," ucap Edy Rahmayadi.

Simak juga 'Mensos Risma Bakal Bangun Rusun untuk Difabel di Solo-Medan':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)