TB Hasanuddin: Ada Kelompok Tak Suka RI Dekat China, Desak Gabung AUKUS

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 12:52 WIB
Cagub Jabar TB Hasanuddin menjalani syuting Blak-blakan DCandidate detikcom di Jakarta
TB Hasanuddin (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP TB Hasanuddin menanggapi pembentukan kerja sama Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AUKUS), yang belakangan ramai dibahas di dunia internasional. Dia menyebut ada kelompok yang mendesak Indonesia gabung AUKUS karena tak suka China.

"Akhir-akhir ini saya juga bicara dengan kelompok yang tidak suka kita 'dekat' dengan RRT. Mungkin sekarang Bapak-Ibu lihat medsos, pemerintahan ini adalah pemerintah komunis, dekat dengan China, apa-apa China, dan sebagainya, kelompok itu ada dan riil," kata Hasanuddin saat rapat dengar pendapat bersama Kementerian Luar Negeri RI di gedung DPR, Rabu (23/9/2021).

Hasanuddin mengatakan kelompok ini bersuara berdasarkan perkembangan soal AUKUS yang terjadi di Laut China Selatan. Mereka mendesak agar Indonesia menjauhi China dan ikut ambil bagian ke dalam kerja sama AUKUS.

"Mereka mendesak supaya kita ikut masuk dalam blok Amerika, yang notabene ikut masuk ke dalam AUKUS, jadi AUKUSI begitu. Itu Australia, UK, US, dan I, ini sudah bergelinding, saya pernah diskusi," ucapnya.

Namun politikus PDIP ini menyebut ada juga kelompok lainnya, yang notabene mantan prajurit, meminta Indonesia bersiap dengan perkembangan AUKUS. Mereka, kata Hasanuddin, bahkan meminta agar Indonesia melawan kerja sama AUKUS tersebut.

"Tapi juga ada teman-teman saya mantan prajurit, 'Komisi I harus kuat persenjataan, kita lawan'. Yang dilawan yang mana? Saya yang penting jaga kedaulatan. Saya mohon dua sisi ini, bahkan di ruangan ini bisa jadi ada mulai panas," ujarnya.

Simak selengkapnya saran Hasanuddin untuk Pemerintah Indonesia di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Jokowi Akan Sampaikan Pidato di Sidang Majelis Umum PBB Secara Virtual':

[Gambas:Video 20detik]