PPKM Padang Sampai Kapan: Waktu hingga Level PPKM Terkini

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 16:26 WIB
PPKM Padang Sampai Kapan: Waktu hingga Level PPKM Terkini
PPKM Padang Sampai Kapan: Waktu hingga Level PPKM Terkini (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

PPKM Padang sampai kapan? Pertanyaan ini muncul setelah pemerintah mengevaluasi PPKM pada Senin (20/9) kemarin. Dalam evaluasi itu, pemerintah sudah mengatur PPKM Padang sampai kapan.

Sekadar informasi, sebelumnya Padang menerapkan PPKM level 4. Kemudian dalam evaluasi PPKM kemarin sore, PPKM Padang masih level 4, artinya tidak ada perubahan dari sebelumnya. Lantas, PPKM Padang sampai kapan?

Untuk menjawab pertanyaan PPKM Padang sampai kapan, detikcom sudah merangkum ulasannya. Simak penjelasannya.

PPKM Padang Sampai Kapan: Ini Jawabannya

Pertanyaan PPKM Padang sampai kapan dapat terjawab dengan melihat waktu perpanjangan PPKM luar Jawa Bali. Dalam konferensi pers Senin (20/9) kemarin, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan PPKM diperpanjang dari 21 September-4 Oktober 2021.

"PPKM diperpanjang mulai 21 September-4 Oktober 2021. Dalam ratas, presiden mengingatkan 4 hal penting. Hati-hati terhadap varian baru dan perketatan di pintu-pintu masuk baik udara, laut, darat dan melibatkan seluruh stakeholder dan antisipasi varian baru," ujar Airlangga dalam jumpa pers, Senin (20/9) sore.

Perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali juga dipertegas melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 44/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1, serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona virus disease 2019 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Dalam Inmendagri itu, pertanyaan PPKM Padang sampai kapan terjawab. PPKM Padang diperpanjang pada 21 September-4 Oktober 2021. Sama seperti daerah lain di luar Jawa-Bali, PPKM Padang bakal dievaluasi setiap 2 minggu.

PPKM Padang Sampai Kapan: Operasional Mal Masih Dibatasi

Pertanyaan PPKM Padang sampai kapan sudah terjawab. Kini, mari simak informasi lain tentang aturan PPKM level 4.

Merujuk Inmendagri 44/202, mal di daerah PPKM level 4 diizinkan buka mulai pukul 10.00-20.00 WIB. Masyarakat yang berkunjung pun wajib skrining melalui aplikasi PeduliLindungi dan menerapkan protokol kesehatan.

"Pengaturan masih sama dengan sebelumnya, mall boleh dioperasikan, kapasitas 50% dan skrining melalui PeduliLindungi," tutur Airlangga.

PPKM Padang Sampai Kapan: Kapasitas Fasilitas Umum Maksimal 25%

Aturan lain dalam PPKM Padang sampai kapan yakni terkait fasilitas umum. Dalam Inmendagri 42/2021 disebutkan, fasilitas umum seperti taman, tempat wisata dan area publik diizinkan buka asal jumlah pengunjung maksimal 25%. Pengunjung pun harus menerapkan protokol kesehatan yang sudah diatur Pemda, juga skrining melalui aplikasi PeduliLindungi.

Setelah tahu PPKM Padang sampai kapan, mari menyimak informasi berikutnya di halaman selanjutnya.