detikcom Do Your Magic

Deadline Lewat, Masih Banyak Tiang Makan Badan Jalan di Ciputat Timur

Athika Rahma - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 12:00 WIB
Tiang-tiang masih berdiri di Jl WR Supratman Tangsel, meski deadline lewat sehari. 21 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Tiang-tiang masih berdiri di Jl WR Supratman, Tangsel, meski deadline lewat sehari. 21 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Tangsel -

Tiang-tiang utilitas yang memakan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, masih berdiri tegak. Padahal batas waktu pemindahan tiang ini sudah lewat, yaitu pada Senin (20/9).

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (21/9/2021) pukul 10.45 WIB, tiang-tiang tersebut masih menghalangi permukaan jalan yang seharusnya bisa dilewati arus lalu lintas.

Tiang-tiang ini ada yang berdiri sendiri, dan ada yang berumpun, dengan jarak 60-70 cm dari tepi jalan.

Sebagian kecil tiang sebenarnya sudah dipotong dan dipindahkan oleh pemiliknya. Ada tiang yang terlihat sedang dalam proses pembongkaran, yaitu tiang di depan warung makan SHSD. Kendati begitu, tidak terlihat adanya pekerja yang melakukan pembongkaran tiang tersebut.

Sementara itu, tiang-tiang lainnya belum tersentuh upaya pemindahan. Keadaan tiang-tiang di beberapa titik seperti di depan warung makan Sego Pecel Suroboyo Cak Nul, dekat minimarket Alfamart, dekat jasa cetak foto dan dekat kedai minuman Segara masih dalam kondisi yang sama seperti beberapa pekan sebelumnya.

Tiang-tiang masih berdiri di Jl WR Supratman Tangsel, meski deadline lewat sehari. 21 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)Tiang-tiang masih berdiri di Jl WR Supratman Tangsel, meski deadline lewat sehari. 21 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)

detikcom mencatat, pemindahan yang cukup signifikan dilakukan pada pertengahan bulan ini. Ketika itu, detikcom menemukan jumlah pencabutan tiang naik 3,5 kali lipat dari 6 tiang pada 30 Agustus menjadi 21 tiang sepekan setelahnya. Setelahnya, pencabutan hanya dilakukan di 1-2 tiang.

Sebelumnya, merujuk hasil rapat antara Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangsel, Camat Ciputat Timur, Lurah Pondok Ranji dan Cempaka Putih, serta sejumlah provider pemilik tiang utilitas pada Jumat (20/8), target pembongkaran tiang makan jalan ini jatuh pada 20 September.

Tiang-tiang masih berdiri di Jl WR Supratman Tangsel, meski deadline lewat sehari. 21 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)Tiang-tiang masih berdiri di Jl WR Supratman Tangsel, meski deadline lewat sehari. 21 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Jika hingga tenggat yang ditentukan tiang-tiang belum dipindahkan, pemerintah daerah akan membongkarnya secara paksa.

Simak juga 'Tiang Listrik di Tengah Jalan Dekat Tol Brigif Dicabut, Bekasnya Ditambal':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)