detikcom Do Your Magic

Pencabutan Tiang-tiang Makan Jalan di Ciputat Timur Berlanjut

Faiz Iqbal Maulid - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 13:45 WIB
Tiang dicabut dan dipindahkan dari badan Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 15 September 2021. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)
Tiang dicabut dan dipindahkan dari badan Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 15 September 2021. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)
Tangsel -

Tiang-tiang utilitas yang memakan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan mulai dicabut. Beberapa tiang itu telah dipindahkan ke trotoar jalan.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.30 WIB, Rabu (15/9/2021), beberapa tiang-tiang utilitas itu telah dicabut oleh petugas dan dipindahkan posisinya ke trotoar jalan. Pemindahan dilakukan dengan menanam tiang di lokasi baru, di trotoar, dan membenahi kabelnya.

Walaupun begitu masih ada beberapa tiang yang belum dipindahkan dan masih berdiri di badan jalan. Tiang-tiang pemakan badan jalan ini dominan berada di ruas kiri jalan jika datang dari arah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Salah satu petugas tiang listrik, Utar, mengatakan target pengerjaan untuk hari ini sebanyak 13 tiang, 3 tiang yang terletak di seberang gang Bacang RW 09 sudah dipindahkan sejak pagi hari.

"Sementara hari ini 7 sampai 15 tiang bisa dipindahkan, semampunya kami saja," kata Utar di lokasi.

10 Tiang lainnya, berada di depan Villa Cendana. Menurut penelusuran detikcom, 10 tiang tersebut mulai dipindahkan siang harinya. Jika hujan turun, kata Utar, proses pemindahan harus ditunda.

Pencabutan tiang dimulai dari pemotongan kabel listrik, lalu mencabut tiang dari tanah, setelah itu menempatkannya ke titik lokasi yang baru yang telah disiapkan. Terlihat 5 orang petugas dan 2 mobil pick-up dikerahkan di lokasi.

Untuk hari ini, petugas hanya memindahkan tiang di depan Villa Cendana dan gang Bacang RW 09, sebab lokasi itu yang terdapat paling banyak tiang utilitas penghambat jalan.

Petugas menjelaskan ada beberapa tiang di sepanjang Jl. WR Supratman yang sulit dipindahkan karena jaraknya yang berdekatan dengan rumah warga.

"Kalau yang di dekat rumah warga agak sulit, kita pindahkan dulu tiang yang posisinya lebih ke badan jalan," jelas Utar.

Beberapa tiang terpantau sudah dicabut. Salah satunya di depan rumah warga nomor 67, satu dari 2 tiang telah dicabut disana.

Selanjutnya ada satu tiang yang telah dicabut di depan pusat refleksi. Namun 2 tiang lainnya belum dicabut. Di depan RS Prima Medikq juga terdapat 2 tiang yang telah dipindahkan.

Tiang dicabut dan dipindahkan dari badan Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 15 September 2021. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)Tiang dicabut dan dipindahkan dari badan Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 15 September 2021. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)

Seperti diketahui, merujuk hasil rapat antara Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangsel, Camat Ciputat Timur, Lurah Pondok Ranji dan Cempaka Putih, serta sejumlah provider pemilik tiang utilitas pada Jumat (20/8) lalu, target pembongkaran tiang makan jalan ini jatuh pada 20 September nanti.

Jika hingga tenggat waktu yang ditentukan tiang-tiang masih belum dipindahkan, maka pemerintah daerah akan membongkarnya secara paksa.

(dnu/dnu)