Kepuasan Kinerja Dinilai Dorong Jokowi Beri Luhut Tugas Berkali-kali

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 07:54 WIB
Poster
Luhut Binsar Pandjaitan (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Luhut Binsar Pandjaitan mendapat tugas tambahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Tugas tambahan yang diberikan kepada Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi itu dinilai sebagai rasa puas Jokowi dengan kinerja Luhut.

"Jadi kalau begini kan persepsi yang didapat masyarakat itu ada dua, yang pertama memang Pak Jokowi hanya mempercayai Pak Luhut, persepsi yang kedua jangan-jangan yang punya ide hanya Pak Luhut di antara menteri-menteri Jokowi yang lain," kata pakar politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, kepada wartawan, Selasa (20/9/2021).

Pria yang akrab disapa Hensat itu mengatakan bahwa masyarakat hanya menilai kinerja Luhut. Jika hasil kerja Luhut bagus, Hensat meyakini masyarakat tidak masalah dengan tugas tambahan yang banyak dipegang oleh Luhut.

"Nah ini apakah bagus atau tidak, ini terserah Pak Jokowi. Kemudian masyarakat itu melihat kan hasil akhirnya. Kalau selama hasil akhirnya positif sih saya yakin masyarakat nggak akan apa-apa," kata dia.

"Makanya kalau kemudian Pak Jokowi pilih Luhut lagi, pilih Luhut lagi, saya sih juga nggak akan protes, itu terserah Pak Jokowi, karena hasil yang diharapkan kan rakyat cuma lihat hasilnya, siapa mau pelaksananya ya terserah Pak Jokowi," lanjutnya.

Hensat juga tak menutup kemungkinan bahwa Luhut memiliki banyak ide dari pada menteri Jokowi yang lain. Sehingga begitu ada tugas baru, Jokowi langsung mengamanahkan kepada Luhut.

"Jadi begitu ada ide bagus, Pak Jokowi tunjuk Pak Luhut, ide bagus Pak Jokowi tunjuk Pak Luhut," kata dia.

Hensat menilai Luhut diberikan tugas tambahan adalah salah satu bentuk kepercayaan Jokowi. Menurutnya, Jokowi happy dengan kinerja Luhut.

"Selama ini Pak Luhut dipakai terus tuh sama Presiden, artinya Presiden puas dengan Pak Luhut. Kan kita nggak tahu indikator-indikator keberhasilan apa yang diberikan Pak Presiden kepada Pak Luhut. Tapi yang jelas kan Pak Luhutnya dua periode ini dipake terus jadi menteri. Jadi artinya Pak Presiden happy dengan kerjaannya Pak Luhut," katanya.

Simak video 'Kala Dunia Apresiasi Kinerja RI dalam Mengendalikan Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Luhut Dapat Tugas Tambahan

Tambahan tugas Luhut itu adalah sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Tugas ini dilandasi dengan Keppres Nomor 15 Tahun 2021 tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia itu diteken Jokowi 8 September 2021.

Saat ini Luhut juga menjabat sebagai Koordinator PPKM Jawa-Bali. Sebelumnya Luhut juga pernah ditugasi Jokowi untuk menurunkan kasus Corona di 8 provinsi.

Luhut belum lama ini juga mendapatkan tugas baru, dia ditugaskan Presiden Jokowi sebagai Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Prioritas Nasional. Penunjukannya sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2021 yang diteken Jokowi pada 22 Juni 2021.

(lir/jbr)