Cerita Saksi soal Tentengan AKP Robin Usai dari Rumdin Azis Syamsuddin

Zunita Putri - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 17:04 WIB
AKP Stepanus Robin Pattuju saat menjadi saksi di PN Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
AKP Stepanus Robin Pattuju saat menjadi saksi di PN Medan. (Ahmad Arfah/detikcom)

Menurut Agus, setelah pertemuan itu sama seperti sebelumnya, Robin kembali membawa goodie bag berisi uang usai keluar dari rumah Azis. Setelah dari rumah Azis, mereka menuju ke money changer.

"Setelah itu ada beliau seperti awal kejadian, bawa goodie bag lagi warna cokelat. Kita langsung tukar dolar ke money changer untuk transaksi, seingat saya dalam satu malam ada 2 transaksi," ungkap Agus.

Jaksa kemudian mengonfirmasi berita acara pemeriksaan (BAP) Agus yang menyatakan uang yang didapat Robin di rumah dinas ini berkaitan dengan pengurusan perkara mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari. Agus membenarkan BAP itu.

"BAP: menurut Stepanus uang tersebut (yang ditukarkan Robin) dari Azis untuk bantu pengurusan perkara Saudari Rita Widyasari yang sedang ditahan di lapas wanita dan anak di Tangerang?" ucap jaksa konfirmasi BAP dan dijawab 'iya' oleh Agus.

Dalam perkara ini yang duduk sebagai terdakwa adalah AKP Robin dan Maskur Husain. Robin didakwa bersama Maskur Husain menerima suap yang totalnya Rp 11 miliar dan USD 36 ribu atau setara Rp 11,538 miliar berkaitan dengan penanganan perkara di KPK. Mantan penyidik KPK itu menerima suap dari sejumlah nama, termasuk dari Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

Azis Syamsuddin.Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (Dok. Istimewa)

(zap/aud)