Mobil Rental Rawan Digelapkan, Kapolda Metro Sarankan Pasang GPS

Athika Rahma - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 15:08 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyerahkan kembali 31 mobil sitaan dari pelaku kejahatan ke pemilik
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyerahkan kembali 31 mobil sitaan dari pelaku kejahatan ke pemilik. (Athika/detikcom)
Depok -

Usaha penyewaan mobil atau rental mobil sangat rawan digelapkan pelaku kejahatan. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengimbau para pemilik rental agar meningkatkan keamanan kendaraannya, seperti memasang GPS (global positioning system).

"Kepada masyarakat yang memiliki jasa penyewaan kendaraan, pastikan identitas penyewa datanya valid. Tingkatkan keamanan pada kendaraan, seperti memberi GPS, sehingga bisa dipantau," ujarnya di Polresta Depok, Senin (20/9/2021).

Irjen Fadil mengatakan penggelapan kendaraan menjadi modus operandi yang sering dilakukan para pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Pelaku semakin mudah melakukan kejahatannya.

"Mungkin mobil ini diperoleh dari hasil berdagang, tabungan pensiun, pinjam di bank, lalu oleh pelaku dengan mudahnya dijual. Ini harus kita lawan, harus kita sikat," katanya.

Kapolda turut mengingatkan agar pemilik kendaraan, terutama pemilik usaha rental mobil agar berhati-hati sebelum meminjamkan kendaraannya kepada orang lain dan tidak tergiur oleh iming-iming keuntungan sewa yang ditawarkan.

"Jadi hati-hati pemilik rental, manakala didatangi penyewa, apalagi ditawari iming-iming keuntungan luar biasa, rental 3 bulan dibayar langsung lunas. Jadi harus cek identitas penyewa, kalo perlu cek Polres supaya disaksikan, agar untung besar supaya godaan di awal tidak jadi perangkap yang merugikan," tuturnya.

Simak pengungkapan kasus penggelapan 40 mobil di Depok, di halaman selanjutnya.