Mobil Rental Rawan Digelapkan, Kapolda Metro Sarankan Pasang GPS

Athika Rahma - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 15:08 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyerahkan kembali 31 mobil sitaan dari pelaku kejahatan ke pemilik
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyerahkan kembali 31 mobil sitaan dari pelaku kejahatan ke pemilik. (Athika/detikcom)

Sebelumnya, Polresta Depok mengungkap penggelapan 40 mobil rental. Lima pelaku yang ditangkap dipimpin seorang ibu rumah tangga.

Kelima pelaku itu berinisial AA, BB, N, dan NA. Kelompok itu dikepalai oleh seorang perempuan ibu rumah tangga (IRT) berinisial DD.

"Modus pelaku ini menyewa mobil kepada para korban selama satu bulan. Setelah mobil berada dalam penguasaannya lalu dihadapkan tanpa seizin dari pemilik mobil," kata Kapolres Metro Depok Kombes Imran Edwin Siregar dalam keterangannya, Senin (20/9/2021).

DD selaku ketua sindikat ini awalnya akan merental mobil kepada korban. Dalam pengungkapan kasus ini, DD diketahui menyewa sebuah mobil Toyota warna hitam selama satu bulan di sebuah rentan mobil di daerah Depok.

Setelah mobil tersebut berpindah tangan, pelaku DD lalu menghubungi pelaku lainnya berinisial A untuk menjual mobil pinjaman tersebut.

"Mobil itu akhirnya digadaikan tanpa seizin dari pemilik rentan atau mobil," ujar Imran.

Uang hasil penjualan mobil tersebut dibagi 10 persen kepada empat pelaku lain. Sementara pelaku DD selaku ketua sindikat mendapatkan bagian lebih besar.


(mea/mea)