Gubsu Edy Minta Atlet Tak Khawatir KKB Saat PON Papua

Ahmad Arfah - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 14:00 WIB
Gubsu Edy melepas atlet Sumut berangkat ke PON Papua
Gubsu Edy melepas atlet Sumut berangkat ke PON Papua. (Ahmad Arfah/detikcom)
Deli Serdang -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta para atlet tidak mengkhawatirkan keberadaan kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat mengikuti PON di Papua. Edy mengatakan sudah ada pasukan dari Brimob yang bakal menjaga para atlet.

Hal itu disampaikan Edy saat melepas keberangkatan atlet asal Sumut yang bakal bertanding di PON Papua di Wisma Atlet Sumut, Jalan William Iskandar, Deli Serdang. Edy meminta agar pengamanan terhadap atlet dilakukan dengan baik.

"Khusus petugas yang mendampingi, saya minta lakukan yang terbaik, amankan benar para atlet kita, dan tidak kesulitan atlet kita ini dari segi keamanan. Karena sudah dibentuk tim untuk mengamankan kalian, dan kalian tidak perlu risaukan itu, karena sudah ada yang mengamankan," ucap Edy dalam sambutannya, Minggu (19/9/2021).

Seusai kegiatan Edy kembali ditanyai soal pengamanan atlet untuk mengantisipasi KKB yang saat ini berada di Papua. Edy mengatakan sudah ada tim pengamanan dari Papua dan luar Papua untuk menjaga para atlet.

"Bukan untuk operasi tapi mengamankan pelaksanaan PON," tuturnya.

Sementara itu Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan 24 anggota Brimob berangkat untuk memberikan rasa aman para atlet.

"Kita mengirimkan dan menyiapkan personil dari Brimob untuk mengamankan para atlet kita, ofisial, dan semuanya. Karena dibagi ke tiga wilayah, dan personil kita yang ditugaskan sebanyak 24 orang ke tiga wilayah. Untuk memberikan rasa aman kepada para atlet dan kontingen kita bahwa keamanan mereka itu dijaga sehingga mereka bisa maksimal untuk mengikuti perlombaan," jelas Panca.

(idn/idn)