Round-Up

Hujan Kecaman Aksi Keji KKB ke Tenaga Kesehatan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 06:19 WIB
Proses evakuasi jenazah suster Gabriella Maelani (22), salah satu nakes korban kekejaman KKB berlangsung dramatis. Aparat ditembaki KKB. (dok TNI AD)
Proses evakuasi jenazah Gabriella Maelani (22), salah satu nakes korban kekejaman KKB berlangsung dramatis. Aparat ditembaki KKB. (dok TNI AD)
Jakarta -

Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB). Aksi keji KKB yang menimbulkan korban jiwa seorang nakes perempuan itu dikecam sejumlah pihak.

Komnas HAM menyatakan duka mendalam terhadap korban nakes yang mengalami penganiayaan, pelecehan, hingga pembunuhan. Seorang perawat bernama Gabriela Meilan (22) tewas dalam peristiwa tersebut.

"Kami turut berduka secara mendalam atas terjadinya peristiwa di Kiwirok ini," kata Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM Amiruddin Al-Rahab, Sabtu (18/9/2021).

Penyerangan terhadap nakes itu terjadi di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Seninn (13/9), setidaknya ada lima orang nakes yang mengalami luka. Komnas HAM juga mengecam tindakan tersebut dan meminta aparat penegak hukum menindak para pelaku.

"Tindakan orang-orang yang disebut KKB itu adalah kejahatan yang keji dan melanggar hukum di RI ini. Oleh karena itu, aparat hukum berwenang 100 persen menindak mereka," tambahnya.

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) juga mengecam aksi kekerasan KKB di Papua yang mengakibatkan meninggalnya perempuan tenaga kesehatan nakes. PGI mendesak aparat menindak tegas para pelaku.

"Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia mengecam keras peristiwa kekerasan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata pada tanggal 13 September 2021, dengan membakar puskesmas dan menyandera serta menyiksa beberapa perempuan tenaga kesehatan di Puskesmas Kiwirok," kata pejabat Humas PGI Philip Situmorang dalam keterangan tertulisnya.

Simak video 'Aksi Keji Teroris KKB di Pegunungan Bintang Papua':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: