Korlantas Tepis Dugaan PJR Pukul Sopir di Tol Japek: Refleks Mengamankan

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 22:43 WIB
Ilustrasi Polisi Lalu-lintas (Polantas)
ilustrasi (Foto: Ari Saputra-detikcom)

Diawali Kebut-kebutan

Rikky menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Jumat (17/9) malam di Km 35 Tol Jakarta-Cikampek. Awalnya, petuas PJR melihat dua kendaraan ekspedisi kebut-kebutan dan hendak ditilang.

"Kejadian itu berawal dari pelanggaran lalu lintas. Awalnya pelanggaran lalu lintas dua driver ini kebut-kebutan di lajur 3 lalu dilakukan penindakan pelanggaran," ujar.

Rikky menyebut keduanya merupakan sopir salah satu perusahaan ekspedisi. Pengendara itu mengaku tengah dikejar waktu.

"Mereka satu perusahaan ekspedisi pengiriman. Saling kenal, dia berteman, dari perusahaan yang sama. (Alasan ngebut) kejar waktu biar segera sampai ke drop point," ujar Rikky.

Miskomunikasi soal STNK

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan peristiwa itu terjadi karena miskomunikasi soal surat tanda nomor kendaraan (STNK).

"Ada miskomunikasi antara pelanggar sama petugas," kata Istiono saat dihubungi, Sabtu (18/9/2021).

Istiono menyebut pengendara mobil itu melakukan pelanggaran lalu lintas. Pengendara mobil kemudian mempertanyakan STNK miliknya yang tidak kunjung diberikan petugas.

Menurut Istiono, pihaknya tidak menahan STNK dari pemobil tersebut. STNK tersebut masih berada di mobil petugas dan akan dikembalikan lagi ke pemiliknya.

"Sebenarnya STNK ketinggalan di mobil (petugas). Keburu-buru diviralkan seolah-olah polisinya yang salah," jelas Istiono.


(ygs/mei)