Tugu Sepatu Jadi Sasaran Vandalisme, Wagub DKI: Bukan Tempat Coret-coret

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 20:17 WIB
Sebuah tugu berbentuk sepatu yang baru dipamerkan di kawasan Sudirman, Jakpus sudah menjadi sasaran vandalisme. (Adhyasta D/detikcom)
Sebuah tugu berbentuk sepatu yang baru dipamerkan di kawasan Sudirman, Jakpus, sudah menjadi sasaran vandalisme. (Adhyasta D/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyayangkan aksi vandalisme yang terjadi di tugu sepatu Sudirman, Jakarta Pusat. Dia mengatakan tugu berbentuk sepatu itu tidak selayaknya menjadi objek vandalisme.

"Bukan tempatnya coret-coret di sana," kata Riza kepada wartawan, Sabtu (18/9/2021).

Riza berharap Satpol PP menemukan pelaku vandalisme melalui rekaman CCTV di sekitar lokasi. Dia ingin pelaku dibina agar tidak melakukan aksi vandalisme kembali.

"Semoga pelaku bisa ditemukan melalui CCTV untuk dibina agar tidak mengulangi perbuatan itu," ujarnya.

Riza berharap aksi vandalisme tidak terjadi di tempat lain. Dia juga berharap produsen sepatu lokal seperti pada tugu tersebut bisa memfasilitasi lomba desain grafis bagi masyarakat agar tugu sepatu tersebut tidak menjadi tempat vandalisme.

Satpol PP Cari Pelaku

Satpol PP bakal mencari oknum pelaku yang mencoret-coret tugu sepatu itu.

"Sedang kami tindak lanjuti dan mencari oknum tersebut," ujar Kasatpol PP Jakpus Bernard Tambunan saat dihubungi, Sabtu (18/9/2021).

Bernard mengatakan pihaknya bakal menerjunkan personel ke lokasi. Dia menyebut tugu sepatu tersebut akan diawasi supaya tidak terjadi hal serupa.

"Sementara di lapangan akan dilakukan pengawasan," ucapnya.