Baru Dipamerkan, Tugu Sepatu di Sudirman Sudah Jadi Sasaran Vandalisme

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 17:08 WIB
Sebuah tugu berbentuk sepatu yang baru dipamerkan di kawasan Sudirman, Jakpus sudah menjadi sasaran vandalisme. (Adhyasta D/detikcom)
Sebuah tugu berbentuk sepatu yang baru dipamerkan di kawasan Sudirman, Jakpus sudah menjadi sasaran vandalisme. (Adhyasta D/detikcom)
Jakarta -

Sebuah tugu berbentuk sepatu dipamerkan di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat (Jakpus). Meski baru dipamerkan, tugu sepatu tersebut sudah menjadi sasaran vandalisme.

Pantauan detikcom, Sabtu (18/9/2021) siang di lokasi, tugu sepatu itu memiliki ragam warna dengan didominasi oleh warna putih. Warna lain pada tugu sepatu itu ada abu-abu, kuning, cokelat, hingga hijau pada tali sepatunya.

Terlihat di bagian sisi kanan tugu sepatu ada coretan besar berwarna ungu. Di bawahnya, terlihat juga coret-coretan berwarna hitam. Namun, sisi bagian kiri tugu sepatu tidak dicoret-coret.

Hanya, coretan itu tidak menyurutkan keinginan sejumlah warga untuk berfoto. Beberapa orang tampak berlalu lalang foto di tugu sepatu Sudirman siang ini.

Salah satunya adalah Valya Febrina, yang tertarik berfoto dengan tugu sepatu itu. Menurutnya, tugu berbentuk sepatu merupakan sesuatu yang unik, beda dari patung lainnya.

"Bagus sih ada pajangan kayak gini, bagus banget. Unik ya, pajangannya, kan biasanya patung-patungan biasa. Tapi ini sepatu, beda dari yang lain," ujar Valya saat ditemui.

Valya menilai coret-coretan tersebut membuat tugu sepatu menjadi tak sedap dipandang mata. Dia meminta ada petugas yang berjaga di lokasi supaya tidak ada oknum yang melakukan aksi vandalisme.

"Tapi sayangnya dicoret-coret. Iya jadi jelek saja nggak sih pandangannya? Jadi nggak bagus ya. Jadi kotor gitu. Harusnya kan bersih biar dilihatnya indah," tuturnya.

Sementara itu, warga lain bernama Aswan berpendapat tugu sepatu bisa membuat Jakarta semakin cantik. Meski begitu, coret-coretan yang ada di tugu sepatu tersebut membuat Aswan geleng-geleng kepala.

"Menurut saya sangat tidak bagus ya, karena ini sudah dibuat bagus, tiba-tiba ada yang nyoret. Itu sangat tidak layak. Iya, mempercantik Jakarta. Bagus sih. Cuma ada coret-coretan itu parah sih," kata Aswan.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.