Begini Suasana Hari Kedua Ganjil Genap di Ancol

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 14:34 WIB
Suasana ganjil genap di kawasan Ancol Sabtu (18/9)
Suasana ganjil-genap di kawasan Ancol, Sabtu (18/9). (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan ganjil-genap di tempat wisata, salah satunya di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Sejumlah mobil dengan pelat ganjil diputar balik oleh polisi.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (18/9/2021) pukul 13.30 WIB, tampak sejumlah polisi berjaga di titik pemeriksaan ganjil-genap, yakni di titik pintu timur Ancol. Sejumlah mobil yang memiliki pelat ganjil dialihkan untuk tidak masuk kawasan wisata Ancol.

Ketika ada mobil pelat ganjil, polisi langsung mengalihkan mobil tersebut ke arah Kemayoran. Terlihat juga ada petugas Dinas Perhubungan (Dishub) di lokasi.

Di titik penjagaan pun ditaruh plang biru pemberitahuan ganjil-genap. Pemberlakuan ganjil-genap ini diterapkan untuk kendaraan kecuali roda dua.

Sementara itu, kondisi arus lalu lintas di lokasi terpantau lancar dan tidak ditemukan kepadatan. Hanya, mobil berjalan pelan saat memasuki kawasan Ancol karena adanya pemeriksaan pelat mobil.

Ganjil-genap mulai berlaku pekan ini di lokasi wisata. Kebijakan itu diberlakukan demi membatasi keramaian.

Ganjil-genap di lokasi wisata ini berpedoman pada Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Coronavirus Disease 2019 di wilayah Jawa-Bali.

Selain itu, juga berdasarkan Kepgub Provinsi DKI Jakarta Nomor 1096 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Coronavirus Disease 2019.

"Penerapan ganjil-genap di tempat wisata mulai Jumat-Minggu tujuannya mengurangi kendaraan ke sana. Supaya jangan sampai kaya Pangandaran minggu lalu, pengunjung banyak," kata Menko Luhut Binsar Pandjaitan awal pekan ini.

Lokasi wisata yang kena ganjil-genap adalah pintu I Taman Mini Indonesia Indah serta gerbang barat dan timur Taman Impian Jaya Ancol. Ganjil-genap lokasi wisata berlaku setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai pukul 12.00 sampai 18.00 WIB.

(eva/eva)