Kalapas Tangerang Dinonaktifkan Usai Diperiksa Polisi di Kasus Kebakaran

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 14:22 WIB
Kalapas Tangerang tiba di Polda Metro Jaya (Yogi Ernes/detikcom)
Kalapas Tangerang tiba di Polda Metro Jaya (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Tangerang Victor Teguh Prihartono dinonaktifkan sementara dari jabatannya. Ditjen Pemasyarakatan mengatakan Victor dinonaktifkan guna menghormati proses pemeriksaan di kepolisian terkait kasus kebakaran lapas.

"Betul, (Victor Teguh Prihartono) dinonaktifkan untuk pemeriksaan Inspektorat Jenderal Kemenkumham," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Rika Apriyanti kepada detikcom, Jumat (17/9/2021).

Rika menjelaskan Viktor dilepas dari jabatannya per Jumat (17/9). Diketahui, Viktor dinonaktifkan dalam waktu sementara dari jabatannya untuk mempermudah proses pemeriksaan.

"Dinonaktifkan sementara untuk memudahkan pemeriksaan," ucap Rika.

Sebelumnya, pihak kepolisian telah memeriksa Victor Teguh Prihartono terkait kebakaran maut yang menyebabkan puluhan narapidana tewas. Victor dicecar terkait fungsi dan perannya sebagai kalapas di Lapas Kelas I Tangerang.

"Masih bersifat umum, menyangkut masalah tentang fungsi dan tugas peran," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat kepada wartawan, Rabu (15/9).

Selain Victor, polisi memeriksa enam pegawai Lapas Tangerang lainnya. Dua warga binaan lainnya juga diperiksa penyidik kemarin.

"Semuanya kita periksa dalam kapasitas sebagai saksi. Kita kan belum ada tersangka. Hanya sudah naik sidik. Artinya, diduga sudah ada pidana, siapa tersangkanya. Nah, itu dalam proses penyidikan. Nah sekarang dalam rangka mencari itu," kata Tubagus.

Diketahui, kebakaran Lapas Tangerang mengakibatkan puluhan warga binaan meninggal dunia dan mengalami luka berat. Polisi kemudian menaikkan kasus kebakaran ini ke tingkat penyidikan dan memeriksa sejumlah saksi.

Simak Video: Jenazah Terakhir Korban Kebakaran Lapas Teridentifikasi

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)