Round-Up

Kabar Terbaru Penyidikan Soal Lapas Tangerang Terbakar

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 07:30 WIB
Ilustrasi Penjara, Sel, Lapas, Jeruji Besi
Ilustrasi penjara (Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Jakarta -

Penyidikan kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang masih berlanjut. Terbaru, pihak kepolisian memeriksa dua orang narapidana yang selamat dari peristiwa kebakaran tragis tersebut.

Sebelumnya pihak kepolisian menyatakan ada tindak pidana kelalaian terkait kebakaran yang menewaskan 48 jiwa itu. Penyidikan ini arahnya mencari siapa tersangka yang paling bertanggung jawab atas kebakaran maut itu.

Guna mendukung penyidikan tersebut, pihak kepolisian terus mengumpulkan alat bukti. Di antaranya menggali keterangan para saksi, termasuk narapidana di lokasi kebakaran Blok C2 Lapas Tangerang, Banten, pada Rabu (15/9).

"Hari ini (kemarin-red) itu ada sekitar 2 orang warga binaan yang dilakukan pemeriksaan. (Warga binaan) yang selamat," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/9/2021).

12 Petugas Jaga-Kalapas Diperiksa

Polisi juga melakukan pemeriksaan kepada petugas jaga Lapas Tangerang terkait kasus kebakaran tersebut. Total sudah ada 12 petugas Lapas Kelas I Tangerang yang diperiksa polisi.

"Yang diperiksa pertama para pegawai lapas yang bertugas saat ini, ada 12 saat itu sesuai shift," ucapnya.

Selain 12 petugas jaga, polisi juga melakukan pemeriksaan terhadap Kalapas Tangerang Victor Teguh Prihartono terkait kebakaran tersebut.

"Kalapas sudah diperiksa, kemudian semalam (kemarin malam-red) sekitar pukul 10.00 selesai (pemeriksaan)," ujarya.


Apa saja yang digali dari Kalapas Tangerang? Simak di halaman selanjutnya

Simak video 'Operasi Identifikasi Korban Kebakaran Lapas Tangerang Berakhir':

[Gambas:Video 20detik]