Ganjil Genap Ancol, Pengunjung Telanjur Beli Tiket Tetap Bisa Masuk

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 11:01 WIB
Pintu Gerbang Ancol
Kawasan Ancol, Jakarta Utara (Foto: Ancol)
Jakarta -

Di tempat wisata Ancol, Jakarta Utara, diberlakukan ganjil-genap mulai hari ini, Jumat, 17 September 2021. Ganjil-genap diberlakukan sesuai dengan kendaraan pribadi para pengunjung yang akan berwisata di Ancol.

Perlu diketahui, pembelian tiket masuk wisata Ancol hanya melalui online saja. Bagi para pengunjung yang telanjur membeli tiket online tetap bisa masuk dengan catatan kendaraannya tidak dibawa masuk.

"Mereka kendaraan tetep nggak boleh masuk, tapi dari pihak Ancol sudah mengupayakan dicari terobosan boleh masuk tapi disiapkan tempat kantong parkir di tempat lain," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan saat dimintai konfirmasi, Jumat (17/9/2021).

Guruh mengatakan nantinya akan disediakan dua kantong parkir bagi kendaraan yang tidak sesuai dengan aturan ganjil-genap. Dua kantong parkir itu berlokasi di Hailai dan Pantai Karnaval Ancol.

"Kita siapkan tempat kantong parkir di Hailai sama di Pantai Karnaval. Hailai itu di pintu barat, kemudian di pintu timur itu nanti kantong parkirnya di Pantai Karnaval itu," jelas Guruh.

Tidak Berlaku untuk Motor

Ganjil-genap di kawasan Ancol tidak berlaku untuk pengendara motor. Meski begitu, Guruh berharap agar para pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

"Ya silakan memanfaatkan waktu untuk berekreasi. Namun tetap memedomani protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir," ungkap Guruh.

Sebagai informasi, penerapan ganjil-genap di tempat wisata berlaku di dua tempat, yaitu TMII dan Ancol. Ganjil-genap tersebut berlaku setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu pada pukul 12.00-18.00 WIB.

Mengikuti aturan tersebut, kendaraan dengan pelat ganjil hanya bisa melintas saat tanggal ganjil. Begitu juga dengan kendaraan pelat genap, hanya bisa melintas di tanggal genap saja.

Prokes Ketat di Tempat Wisata

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan lokasi wisata dibuka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Penambahan lokasi wisata di level yang dibuka dengan prokes ketat dan implementasi pedulilindungi pada kota-kota level 3," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam jumpa pers virtual, Senin (13/9).

Di saat yang sama, ganjil-genap akan diberlakukan di kawasan wisata saat akhir pekan. Tujuannya untuk mengurangi jumlah wisatawan yang datang.

"Penerapan ganjil-genap akan diberlakukan pada daerah tempat wisata mulai Jumat pukul 12.00 sampai Minggu pukul 18.00," ucap Luhut.

(mea/mea)