Jawaban Menohok Jaksa Soal Alex Noerdin Tak Lari Sebab Anggota Dewan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 10:50 WIB
Alex Noerdin ditahan Kejagung
Alex Noerdin sewaktu ditahan jaksa (Foto: Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta -

Alex Noerdin melawan upaya penahanan jaksa. Soesilo Aribowo selaku pengacara mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) itu menyebut Alex Noerdin tidak akan melarikan diri dari perkara yang menjeratnya.

Namun argumentasi pengacara Alex Noerdin dibalas jaksa dengan jawaban santai tapi mengena. Apa kata jaksa?

Awal Mula Alex Noerdin Ditahan Kejagung

Mulanya Alex Noerdin dipanggil jaksa penyidik di Kejaksaan Agung (Kejagung) perihal kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh BUMN Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumsel tahun 2010-2019. Pemeriksaan yang berlangsung pada Kamis, 16 September 2021, itu menyebutkan Alex Noerdin berstatus sebagai saksi.

Namun ternyata selepas menjalani pemeriksaan Alex Noerdin sudah berganti status menjadi tersangka. Alex Noerdin pun langsung ditahan jaksa.

"Penyidik meningkatkan status tersangka AN (Alex Noerdin)," kata Leonard Eben Ezer Simanjuntak sebagai Kepala Pusat Penerangan Hukum atau Kapuspenkum Kejagung.

Pihak Alex Noerdin Kecewa soal Penahanan

Alex Noerdin sendiri sewaktu ditahan memilih untuk bungkam. Namun belakangan Soesilo sebagai kuasa hukum Alex Noerdin menyampaikan kekecewaannya.

"Tentu saya keberatan karena tidak patut penahanan ini menurut saya," kata Soesilo.

Soesilo bersandar pada Pasal 21 ayat 1 KUHAP yang menyebutkan sebagai berikut:

Perintah penahanan atau penahanan lanjutan dilakukan terhadap seorang tersangka atau terdakwa yang diduga keras melakukan tindak pidana berdasarkan bukti yang cukup, dalam hal adanya keadaan yang menimbulkan kekhawatiran bahwa tersangka atau terdakwa akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan/atau mengulangi tindak pidana.

Bagi Soesilo, profil Alex Noerdin sebagai Anggota DPR tidak akan memenuhi kriteria dalam aturan hukum itu. Alex Noerdin memang saat ini tercatat sebagai Anggota DPR Fraksi Partai Golkar.

"Yang bersangkutan adalah anggota DPR, yang tidak mungkin akan mengulangi perbuatannya, menghilangkan barang bukti dan melarikan diri. Ini tadi diperiksa saksi, langsung ditetapkan tersangka dan ditahan dalam beberapa jam, tidak paham saya metode yang dipakai," kata Soesilo menggugat sembari memikirkan opsi untuk mengajukan praperadilan.

Tanggapan Jaksa soal Penahanan Alex Noerdin

Menanggapi itu Supardi selaku Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung menjawab santai. Bagi Supardi, semua warga negara sama di mata hukum.

"Kecewa ya namanya siapapun berhak kecewa juga kan nggak ada masalah, yang penting kita sesuai prosedur, sudah diperiksa, kita menilai ada bukti permulaan kita tetapkan sebagai tersangka, kecuali kalau nggak diperiksa tahu-tahu penetapan tersangka," kata Supardi.

Bahkan di sisi lain Supardi menilai bila nantinya Alex Noerdin tidak ditahan malah menjadi polemik. Oleh sebab itu Supardi tetap berpendirian pada aturan bahwa semua orang sama di mata hukum.

"Pertanyaan saya nanti kalau nggak ditahan nanti ditanya kenapa nggak ditahan pak. Kita kan perlakuannya sama equality before the law. Nanti ditanya kalau nggak ditahan," ujar Supardi menegaskan.

Simak video 'Kasus Dugaan Korupsi yang Menjerat Alex Noerdin':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya duduk perkara kasus Alex Noerdin