Round-Up

Maaf dari Bupati Badung Bali Usai Pelihara Satwa Dilindungi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 22:02 WIB
Bupati Badung, Bali I Nyoman Giri Prasta dikecam gegara mengunggah hewan peliharan miliknya yang ternyata merupakan satwa dilindungi, yakni owa siamang (symphalangus syndactylus). (dok. Istimewa)
Foto: Bupati Badung, Bali I Nyoman Giri Prasta dikecam gegara mengunggah hewan peliharan miliknya yang ternyata merupakan satwa dilindungi, yakni owa siamang (symphalangus syndactylus). (dok. Istimewa)

Bupati Badung Serahkan Owa Siamang ke BKSDA Bali

Kemudian Bupati Badung, Giri Prasta menghubungi BKSDA Bali antara pukul 09.00 Wita sampai 09.30 Wita. Saat itu, Giri Prasta mengatakan dirinya sudah berangkat ke BKSDA Bali untuk menyerahkan satwa yang ia beri nama Mimi tersebut.

"Terus tadi jam 11 sudah bawa si Mimi untuk diserahkan ke BKSDA Bali," terang Agus.

Owa Siamang Segera Jalani Translokasi

Agus menjelaskan, setelah diterima, pihaknya kini melakukan evaluasi terhadap satwa dilindungi asli Sumatera tersebut. Setelah evaluasi dan dinyatakan sehat, pihaknya akan melakukan tahapan translokasi ke sekolah Owa Siamang di Kalaweit, Sumatera Barat.

"Sekolah Owa Siamang ada di Kalaweit Sumatera Barat untuk dia belajar kembali menjadi liar dan siap untuk hidup di habitatnya," kata dia.

Jika tidak ada halangan, hasil uji dari dokter hewan mengenai kesehatan satwa tersebut akan keluar satu atau dua hari ke depan. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak karantina untuk menerbitkan health quarantine jika Owa Siamang tersebut terbukti sehat.

"Berdasarkan hasil analisa feses dan analisa darah yang rencananya besok pagi akan kita ambil, kalau semuanya berjalan lancar mungkin tiga hari kita akan translokasikan Mimi ke sekolah lapang Owa Siamang yang di Kalaweit di Sumatera," jelas Agus.