Siswa di Sumut ke Jokowi: Kami Sudah Belajar Tatap Muka, Mantap Kali Pak

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 18:56 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan para pelajar melalui konferensi video di enam kabupaten/kota. Salah seorang pelajar di Sumut mengaku senang bisa belajar tatap muka.

Dialog Jokowi dengan para pelajar itu disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/9/2021). Salah seorang siswa dari SMAN 1 Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Kalisa, mengaku senang telah divaksinasi sehingga bisa belajar tatap muka.

"Sudah berapa minggu yang lalu atau berapa hari yang lalu (PTM)?" tanya Jokowi.

"Sudah dua minggu, Pak," jawab Kalisa.

"Seneng belajar tatap muka atau seneng belajar online?" tanya Jokowi lagi.

"Seneng tatap muka, Pak," balas Kalisa.

"Kenapa?" tanya Jokowi.

"Lebih gampang memahami materi," ujar Kalisa.

Siswa lain dari SMAN 1 Perbaungan, Fajar, menyampaikan hal serupa. Selain itu, Fajar mengajak Jokowi untuk datang ke sekolahnya.

"Alhamdulillahnya, Pak, kami sudah bisa tatap muka walaupun bergantian, Pak, dan itu udah mantap kali bagi kami, betul nggak kawan-kawan?" ujar Fajar.

"Dan juga kami melihat bapak secara virtual gini aja, bah senengnya bukan main, Pak, terbawa mimpi tadi malam, Pak... apalagi, Pak, kalau Bapak datang kemari, Pak, 15 menit aja Pak dari Beringin Pak, dekatnya Pak. Nanti kalau Bapak kemari, kami kasih dodol Bapak. Beuh dodol kami enaknya bukan main Pak, kemari lah Bapak ya," sambung Fajar disambut tawa pelajar lain.

Jokowi kemudian melempar candaan. Dia menanyakan jarak dari Beringin menuju Serdang Bedagai.

"Serdang Bedagai kalau dari sini berapa kilo?" ujar Jokowi.

"15 km lebih-kurang," jawab Fajar.

"15 km ya, oh dekat ya," balas Jokowi.

"Ya bertanya saja," ujar Jokowi disambut riuh para pelajar.

Selain itu, Jokowi menyapa salah satu siswa dari SMA Negeri 1 Tenggarong, Nerisa. Nerisa mengungkapkan keinginannya untuk bisa datang ke salah satu festival adat yaitu Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF). Dia berharap pandemi segera berakhir.

"Nah sedih bener, Pak. Padahal saya tunggu awal datangnya upacara adat tu, Pak," ungkap Nerisa.

Jokowi mengatakan bahwa berbagai kegiatan seperti festival adat dapat digelar apabila warga sudah divaksinasi. Jokowi juga mengingatkan prokes tetap jadi yang utama.

"Kalau nanti pandemi sudah menurun, menurun, menurun silakan untuk diadakan kembali," tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi mendoakan para siswa untuk tetap sehat. Jokowi mengajak anak-anak untuk divaksinasi agar tidak tertular COVID-19.

"Jadi anak-anak meskipun pintar, pintar, pintar tapi kalau tidak sehat untuk apa? Oleh sebab itu, anak-anak harus sehat, pintar. Pintar tapi juga sehat sehingga divaksin agar tidak terpapar oleh COVID-19, anak-anak belajar terus," ujar Jokowi.

(knv/fjp)