Jokowi Perintahkan Sisir Warga di Kampung untuk Vaksinasi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 16:40 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi door to door di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Jokowi berharap program ini mempermudah masyarakat untuk mengakses vaksinasi.

"Pelaksanaan vaksinasi door to door ini merupakan bentuk pelayanan langsung datang ke masyarakat, mengajak masyarakat untuk vaksinasi dan kita harapkan ini akan mempercepat vaksinasi selain yang sudah dilakukan oleh rumah sakit, oleh pemerintah daerah, oleh TNI/Polri, oleh puskesmas, semuanya," kata Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/9/2021).

Jokowi menerima laporan bahwa sebagian masyarakat belum divaksinasi. Karena itu, dia memerintahkan jajarannya untuk menyisir warga di kampung-kampung yang belum vaksin.

"Kita ingin menyisir agar seluruh masyarakat mendapatkan vaksin dan kita segera bisa terhindar dari penyebaran COVID-19. Ini juga akan sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses vaksin karena ada yang menyampaikan 'Pak saya belum, saya belum'. Datangi masyarakat ke dusun-dusun dan kampung-kampung yang ada dan ini juga akan memberikan perlindungan pada masyarakat, memberikan proteksi kepada masyarakat sehingga nantinya masyarakat bisa beraktivitas secara normal," imbuh Jokowi.

Terakhir, Jokowi kembali menyampaikan pesan soal hidup berdampingan dengan COVID-19. Dia menegaskan prokes dan vaksinasi menjadi poin utama.

"Nantinya kita akan mengajak masyarakat untuk hidup berdampingan dengan COVID, artinya bahwa protokol kesehatan itu menjadi kunci, vaksinasi itu menjadi kunci. Sehingga saya mengajak masyarakat untuk terus memakai masker kemudian yang belum vaksin segera secepatnya vaksin," ujar Jokowi.

(knv/fjp)