Dulu Syahrial Oesman, Kini Alex Noerdin Dibui Usai Jadi Gubernur Sumsel

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 18:01 WIB
Jakarta -

Mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin tersandung kasus korupsi dan kini ditahan Kejaksaan Agung (Kejagung). Sebelum Alex Noerdin, ada mantan Gubernur Sumsel Syahrial Oesman yang juga masuk penjara usai selesai menjabat.

1. Syahrial Oesman

Mantan Gubernur Sumsel Syahrial Oesman ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi alih fungsi hutan lindung menjadi pelabuhan Tanjung Api-api. Syahrial Oesman dihukum satu tahun penjara di pengadilan pertama dan tingkat banding lalu berubah menjadi tiga tahun penjara di tingkat kasasi.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama tiga tahun dan denda sebesar Rp 100 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan kurungan selama empat bulan," kata Kepala Bagian Hubungan Antarlembaga MA David MT Simanjuntak di kantornya, Kamis (22/4/2010).

Putusan ini diambil pada Selasa 20 April 2010. Majelis hakim terdiri dari Mansyur Kartasasmita sebagai ketua majelis, Imam Harjadi, MS Lumme, Sofyan Martabaya, dan Hamrad hamid.

Menurut hakim, Syahrial telah terbukti memerintahkan Direktur PT Chandratex Indo Artha Chandra Antonio Tan sebagai penyandang dana untuk mempermudah proses izin alih fungsi hutan Pantai Air Telang menjadi pelabuhan Tanjung Api-Api. Uang Rp 5 miliar digelontorkan kepada sejumlah anggota Dewan di Komisi IV DPR saat itu.

Beberapa anggota dewan yang terjerat kasus ini di antaranya Al Amien Nasution, Yusuf Erwin Faishal, dan Sarjan Taher. Mereka kini sudah meringkuk di tahanan.

Untuk diketahui, Syahrial Oesman menjabat Gubernur Sumsel pada 2003-2008. Dia kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumsel tapi tak terpilih.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.