50 Bangunan di Wajo Rusak Diterjang Puting Beliung, 5 Orang Terluka

Zulkipli Natsir - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 16:57 WIB
Sejumlah bangunan rusak diterjang puting beliung (Zulkifli Natsir/detikcom)
Sejumlah bangunan rusak diterjang puting beliung. (Zulkifli Natsir/detikcom)
Wajo -

Sebanyak 50 bangunan mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung di Desa Botto, Kecamatan Takkalalla, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Selain itu, 5 orang dilaporkan terluka.

Dari pantauan detikcom di lokasi, tampak sejumlah atap bangunan dan balok kayu berserakan di sekitar rumah warga. Puing-puing bangunan terlihat menutupi jalanan hingga tak bisa dilalui.

Kerugian akibat peristiwa ini ditaksir sekitar Rp 1 miliar. Warga dan petugas damkar tampak bersama-sama membersihkan puing-puing material yang berserakan di jalan.

Sejumlah bangunan rusak diterjang puting beliung (Zulkifli Natsir/detikcom)Sejumlah bangunan rusak diterjang puting beliung. (Zulkifli Natsir/detikcom)

Dari data yang dihimpun, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 04.00 WIB pagi tadi. Terdata, puluhan bangunan rusak akibat bencana tersebut.

"Ada 50 bangunan, di antaranya 44 rumah permukiman warga, 4 bangunan sarang burung walet dan 1 bangunan tempat pelelangan ikan. 10 rumah pemukiman warga mengalami kerusakan parah," terang Camat Takkalalla, Sandi, saat diwawancara detikcom di lokasi, Kamis (16/9/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun 5 warga dilaporkan mengalami luka-luka-luka setelah dihantam balok kayu.

"Kami mendapat laporan, ada 5 orang warga yang mengalami luka, tapi luka ringan. Kena runtuhan seng dan balok kayu, ada juga karena panik dia loncat dari atas tangga rumah," ungkap Sandi.

(isa/isa)