Totalnya Rp 2,3 T, Ini Daftar Rincian Biaya Formula E yang Wajib Dibayar DKI

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 12:34 WIB
Sirkuit Formula E
Foto: Dok. Formula E

Anies Setop Penganggaran Tahap 2 Tahun 2020

Gubernur DKI Anies Baswedan menyetop penganggaran dan pembayaran kewajiban tahap 2 tahun 2020 untuk penyelenggaraan Formula E. Penyetopan pembiayaan itu buntut tertundanya penyelenggaraan Formula E akibat pandemi.

"Sehubungan dengan ditundanya penyelenggaraan musim ke-6 Formula E karena pandemi COVID-19 pada beberapa kota penyelenggara termasuk Jakarta, maka telah dilakukan penghentian segera atas penganggaran dan pembayaran kewajiban tahap 2 tahun 2020," kata Anies dalam dokumen penjelasan mengenai perubahan RPJMD tahun 2017-2022. Dokumen ini dibacakan oleh Wagub DKI Ahmad Riza Patria di DPRD DKI, seperti dilihat Kamis (5/8/2021).

Anies menuturkan PT JakPro selaku penyelenggara kemudian melakukan renegosiasi dengan pihak Formula E. Sekaligus meminta kejelasan soal status pendanaan yang telah dibayarkan. Apa hasilnya?

"Atas dana commitment fee yang telah direalisasikan tetap dapat digunakan sebagai syarat penyelenggaraan event Formula E yang tertunda karena pandemi dan selanjutnya disepakati akan dituangkan dalam adendum perjanjian," ujar Anies.

"Pembayaran commitment fee untuk penyelenggaraan tahun 2022 dan seterusnya akan dilakukan penjadwalan kembali setelah adanya kepastian penyelenggara Formula E dengan mempertimbangkan telah berakhirnya pandemi COVID-19," sambungnya.