Polisi Ungkap Pemeriksaan Kalapas Tangerang di Kasus Kebakaran

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 09:52 WIB
Kalapas Tangerang tiba di Polda Metro Jaya (Yogi Ernes/detikcom)
Kalapas Tangerang Victor Teguh Prihartono di Polda Metro Jaya (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polisi telah memeriksa Kalapas Kelas I Tangerang, Victor Teguh Prihartono, terkait kebakaran maut yang menyebabkan 48 narapidana tewas. Victor dicecar terkait fungsi dan perannya sebagai Kalapas di Lapas Kelas I Tangerang.

"Masif bersifat umum menyangkut masalah tentang fungsi dan tugas peran," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat kepada wartawan, Rabu (15/9/2021).

Victor sendiri tiba di Polda Metro Jaya pada Selasa (14/9) sekitar pukul 10.42 WIB. Pemeriksaan Kalapas dimulai sekitar pukul 13.00 WIB dan berakhir di pukul 22.00 WIB.

Tubagus tidak memerinci hasil pemeriksaan kepada Kalapas Tangerang. Dia hanya menyebut sampai saat ini Kalapas masih berstatus sebagai saksi.

"Pemeriksaan yang bersangkutan Kalapas diperiksa sebagai saksi," ujar Tubagus.

6 Petugas Lapas-Napi Diperiksa

Selain Kalapas Kelas I Tangerang, polisi juga memeriksa 6 pegawai Lapas Tangerang lainnya. Dua warga binaan lainnya pun turut diperiksa penyidik kemarin.

"Ada 7 dari petugas lapas, kemudian 2 dari warga binaan," terang Tubagus.

"Semuanya kita periksa dalam kapasitas sebagai saksi. Kita kan belum ada tersangka. Hanya sudah naik sidik, artinya diduga sudah ada pidana, siapa tersangkanya? Nah itu dalam proses penyidikan. Nah sekarang dalam rangka mencari itu," tambahnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya terus melakukan penyidikan terkait kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang. Hari ini total ada tujuh orang saksi yang diperiksa polisi.

"Hari ini ada tujuh orang. Kemarin 25 orang orang sudah selesai diperiksa. (Hari ini) yang baru datang dua, Kalapas dan Kepala Tata Usaha dari Lapas Kelas I Tangerang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (14/9).

Yusri mengatakan lima orang itu mulai dari Kabid Administrasi hingga Kasie Perawatan Lapas Kelas I Tangerang.

"Sekarang masih ada Kabid Administrasi, Kepala KPLP (Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan), Kasubag Hukum, Kasie Keamanan, dan Kasie Perawatan," ungkap Yusri.

(ygs/mei)