Bupati Kebumen Lepas 22 Atlet ke PON XX dan Peparnas Papua

Rinto Heksantoro - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 23:01 WIB
Bupati Kebumen
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Kebumen -

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melepas 22 atlet yang akan ikut dalam dua ajang olahraga besar. Mereka akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Perhelatan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas).

Para atlet tersebut akan mewakili kontingen dari Kebumen pada PON ke-20 yang akan berlangsung di Papua pada 2 hingga 15 Oktober 2021, dan Peparnas ke-16 yang akan berlangsung pada 2 hingga 15 November 2021 di tempat yang sama. Kebumen mengirimkan 11 atlet untuk PON dan 11 atlet untuk Peparnas.

Arif menyampaikan rasa bangga kepada para atlet yang akan membawa nama baik Kabupaten Kebumen. Bukan hanya atlet, Kebumen juga mampu mengirimkan satu orang wasit. Artinya, kompetensi wasit dari Kebumen sudah diakui tingkat nasional.

"Para atlet ini akan berjuang mengharumkan nama Kabupaten Kebumen. Mengeluarkan segenap daya dan kemampuan, menghadapi kontingen-kontingen dari daerah lain se-Indonesia. Sebuah perjuangan dan tantangan yang tidak ringan. Tapi yakinlah, siapa yang bersungguh-sungguh, akan mencapai tujuannya," kata Arif Sugiyanto saat melepas rombongan di Pendopo, Rabu (15/9/2021).

Pihaknya meminta para atlet agar tetap fokus dan terus berlatih. Sebagai wakil dari Kebumen, mereka diharapkan bisa meraih hasil yang maksimal.

"Jangan ini dijadikan beban tapi rasa cinta kepada olahraga, rasa cinta kepada daerah, bangsa dan negara akan membuat semua perjuangan itu terasa indah. Berlaga lah secara lebih gigih, gagah dan berani," imbuhnya.

Salah satu kunci untuk meraih kemenangan, kata Arif, adalah rasa percaya diri dan tidak minder dalam menampilkan kemampuannya. Untuk mewujudkan hal itu diperlukan dukungan dari lingkungan para anggota kontingen sendiri dengan saling mendukung, memperkuat dan saling memotivasi.

"Siapa pun yang berhasil kita akan siap hadiah, atau surprise, pemerintah akan terus memberikan dukungan kepada para atlet-atlet kita," tambahnya.

Salah satu atlet dari Cabor Hockey Indoor, Putri Krismonita (23) telah berlatih selama 2,5 tahun untuk bisa berpartisipasi dalam PON Papua. Ia optimis, bersama seluruh tim bisa memberikan hasil maksimal dengan membawa medali emas. Sebelumnya, ia pernah mengikuti Kejuaraan Nasional PraPON dan sukses meraih medali emas untuk cabor Hockey Putri.

"Kalau dari persiapan kita rutin berlatih sudah dari 2,5 tahun yang lalu, karena PON Papua kan awalnya mau diadakan 2020, tapi karena pandemi diundur jadi 2021. Dengan persiapan saat ini kita optimis bisa bawa medali emas untuk masyarakat Kebumen," ucap Putri.

(prf/ega)