KIPI Sulsel Telaah Laporan Pelajar di Enrekang Sempat Lumpuh Usai Vaksin

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 17:30 WIB
Pelajar di Enrekang, Sulsel, tak bisa jalan usai divaksin COVID-19. Dinkes Enrekang turun tangan memeriksa.
Pelajar di Enrekang, Sulsel, tak bisa jalan usai divaksin COVID-19. Dinkes Enrekang turun tangan memeriksa. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Seorang pelajar sempat lumpuh usai mendapatkan vaksin COVID-19 di Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Sulsel tengah menelaah laporan tersebut.

"Sementara ini kami baru terima laporan kemarin, jadi sementara kami baru melakukan investigasi untuk mencari data dari mulai awal sampai akhir," kata Komda KIPI Sulsel Dokter Martira Maddepungeng saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (15/9/2021).

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Komnas KIPI untuk melakukan audit soal peristiwa yang dialami pelajar SMA Negeri 2 Enrekang, Andi Muhammad Dirga Erlangga (15).

"Jadi tidak semudah itu. Kita harus lakukan kajian terlebih dahulu," ucapnya.

Pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Dinkes Enrekang terkait masalah ini. Dari hasil koordinasi ini, pihaknya baru menerima soal kronologis kejadian saat sebelum dan sesudah vaksin.

Data ini pun, kata Dokter Martira, masih perlu pendalaman lebih lanjut.

"Itu akan kembangkan lagi lebih dalam, pelayanan bagaimana, penyampaian vaksin bagaimana. Dari hasil itu kaji apa karena vaksin atau ada dugaan lain. Itu masih mentah," ujarnya.

"Kami rencanakan investigasi secara tim untuk turun ke sana. Hasilnya kan baru kita bawa ke tingkat nasional," imbuhnya.

Sebelumnya, video Dirga yang harus dipapah saat berjalan oleh ayahnya pun beredar luas di media sosial (medsos). Pembuat video tersebut adalah Andi Ernawati, yang merupakan ibu Dirga.

Dalam video itu, Andi Erna mengatakan anaknya tak bisa berjalan usai divaksin COVID-19. Andi Erna sudah berhari-hari anaknya harus dipapah saat berjalan dan membutuhkan pertolongan. Saat dihubungi, Andi Erna mengaku awalnya Andi Dirga merasa sakit pada leher bagian belakang hingga ke tulang belakang.

Kondisi kesehatan Dirga berangsur membaik. Andi Dirga kini sudah bisa berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah Pak, agak sehat mi sekarang, sudah bagus mi jalan, Pak, tapi belum stabil sekali, tadi keluar dibonceng, katanya mau makan coto," kata Andi Ernawati, ibu Andi Dirga, melalui pesan singkat, Selasa (14/9).

Simak video 'Pihak WHO Ingatkan untuk Berbagi Vaksin ke Negara yang Kekurangan':

[Gambas:Video 20detik]



(fiq/jbr)