Pelajar di Enrekang Sulsel yang Sakit Usai Divaksin Sudah Bisa Berjalan

Hasrul Nawir - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 19:27 WIB
Pelajar di Enrekang, Sulsel, tak bisa jalan usai divaksin COVID-19. Dinkes Enrekang turun tangan memeriksa.
Kondisi Andi Dirga saat menjalani perawatan karena sakit usai divaksin. (Foto: Dok. Istimewa)
Enrekang -

Kondisi kesehatan Andi Muhammad Dirga Erlangga (15), pelajar SMA di Enrekang, Sulawesi Selatan, yang mengalami demam tinggi usai divaksinasi, berangsur membaik. Andi Dirga kini sudah bisa berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah Pak, agak sehat mi sekarang, sudah bagus mi jalan, Pak, tapi belum stabil sekali, tadi keluar dibonceng, katanya mau makan coto," kata Andi Ernawati, ibu Andi Dirga, melalui pesan singkat, Selasa (14/9/2021)

Erna mengatakan hari ini seharusnya anaknya menjalani pemeriksaan di RSUD. Akan tetapi, Andi Dirga menolak karena masih trauma.

"Dari Dinkes minta (dibawa) ke rumah sakit periksa, cuma Andi Dirga trauma, Pak, jangan sampai ke rumah sakit dibilang COVID-19," kata dia.

Sementara itu, Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang, Yusra, mengaku masih melakukan koordinasi dengan Tim Dokter Penanganan KIPI RSUD Massenrempulu mengenai kondisi Andi Dirga.

"Kami sudah melakukan evaluasi ke pasien tanggal 13 September sesuai hasil koordinasi dengan Tim Dokter Penanganan KIPI RSUD Massenrempulu. Oleh dokter, pasien diminta untuk datang ke RSUD Massenrempulu pada hari Senin, 13 September 2021, namun via telepon Ibu pasien mengatakan sedang ada acara keluarga sehingga tidak bisa ke RSUD pada hari itu, dan rencana akan ke RS hari Selasa, 14 September 2021," kata Yusra saat dihubungi terpisah.

Tadi pagi sekira pukul 08.00 Wita, Surveilans Dinkes Enrekang kembali menghubungi keluarga untuk membawa pasien ke RS. Akan tetapi, menurut keluarga, yang bersangkutan tidak berkenan ke RS.

"Dan via telepon beliau mengatakan kondisi pasien sudah berangsur membaik, sudah berjalan tanpa dibantu atau dipegang dan nyeri pada lutut sudah mulai berkurang," kata dia.

Simak juga Video: Parahnya Longsor di Enrekang, Putus Akses Jalan 4 Kecamatan!

[Gambas:Video 20detik]