Viral Video Warga Aniaya Rusa di Sumbar, BKSDA Turun Tangan

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 16:01 WIB
Screenshot viral warga aniaya rusa di Sumbar (dok. Istimewa)
Foto: Screenshot viral warga menganiaya rusa di Sumbar. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Video yang menunjukkan sejumlah warga menganiaya rusa di Sumatera Barat (Sumbar) viral di media sosial. BKSDA Sumbar mengaku bakal mengecek kejadian itu.

Dilihat detikcom, Rabu (15/9/2021), tampak sejumlah orang mengejar rusa hingga ke pinggir sungai. Ada empat orang yang terlihat mengejar rusa dan perekam video tampak berlarian sambil berseru kepada rekan-rekannya.

Rusa tersebut tampak mencoba menyelamatkan diri dengan berenang ke tengah sungai. Namun, ada warga lain yang datang menggunakan perahu dan diduga memukul rusa dengan tombak.

BKSDA Sumatera Barat mengaku sudah mengetahui kejadian itu. Peristiwa itu diduga terjadi di Sungai Gemuruh, Nagari Indrapura Selatan, Pancung Soal, Pesisir Selatan, Sumbar.

"Terkait video viral itu, berdasarkan penggunaan bahasa serta komen para netizen, dapat diduga di Sungai Gemuruh Nagari Indrapura Selatan, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan," kata Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono, saat dimintai konfirmasi.

"Kita sudah berkoordinasi dengan BKSDA Resort Konservasi Wilayah X Pesisir Selatan dan aparat kepolisian. Sedang kita selidiki, terkait pelaku yang ada di video," kata dia.

Ardi menyebut peristiwa itu diduga terjadi pada Minggu (12/9) saat masyarakat setempat sedang berburu babi. Dia menduga warga melihat rusa dan mengejar rusa itu.

"Setelah melihat adanya satwa liar diperkirakan rusa, beberapa oknum masyarakat melakukan pengejaran dan penganiayaan terhadap satwa liar tersebut," katanya.

Dia belum menjelaskan rusa yang diduga dianiaya dalam video itu. Meski demikian, ada tiga jenis rusa yang dilindungi berdasarkan Permen LHK nomor P.92/MENLHK/SETJEN/KUM.1/8/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Berikut ini rusa yang masuk kategori satwa dilindungi sesuai Permen tersebut:

1. Axis kuhlii atau rusa bawean
2. Rusa timorensi atau rusa timor
3. Rusaa unicolor atau rusa sambar

(haf/haf)