Tak Cuma di Bali, Fenomena Burung-burung Berjatuhan Pernah Terjadi di AS

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 13:51 WIB
Video burung-burung dalam keadaan basah berjatuhan di tanah viral di medsos. Video yang dibagikan sejumlah itu disebut terjadi di Bali. (Facebook Dek Eko)
Video burung-burung dalam keadaan basah berjatuhan di tanah viral di medsos. Video yang dibagikan sejumlah itu disebut terjadi di Bali. (Facebook Dek Eko)
Jakarta -

Warga dihebohkan oleh fenomena burung-burung pipit yang berjatuhan di Kabupaten Gianyar, Bali. Ternyata fenomena mirip juga pernah terjadi di tempat lain.

Sebagaimana diketahui, fenomena burung-burung pipit jatuh itu terjadi di kuburan Banjar Sema, Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

Fenomena itu direkam oleh Kadek Sutika sekitar pukul 08.00 Wita. Setelah merekam video tersebut, dia langsung mengunggahnya ke Facebook, seketika viral beberapa menit kemudian.

"Iya, awalnya saya rekam dulu itu, habis itu langsung unggah di FB. Kira-kira jam 8 lebih dikit (sudah viral). Nggak sampai 08.30, kira-kira jam 08.15 rasanya sudah viral," kata Sutika saat dihubungi detikcom, Kamis (9/9/2021) malam.

Sutika menceritakan ia menemukan burung-burung berjatuhan itu saat pulang dari tempat tinggal temannya.

Sementara itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali menduga kematian burung pipit ini karena keracunan pestisida.

"Dugaan kami adalah perilaku masyarakat yang menggunakan pestisida non-alami di sekitaran Desa Pering tersebut. Jadi dugaan saya adalah burung-burung tersebut keracunan dari pestisida tersebut," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha BKSDA Bali, Prawona Meruanto kepada detikcom, Jumat (10/9/2021).

Fenomena mirip seperti yang terjadi di Gianyar ini pun pernah terjadi sebelumnya. Dirangkum detikcom Jumat (10/9/2021), ini daftar fenomena burung-burung mati berjatuhan.

Lihat Video: Heboh Burung-burung Pipit Berjatuhan di Bali

[Gambas:Video 20detik]