detikcom Do Your Magic

Tembok Perumahan di Serua Dibongkar 3 Meter, Mobil Warga Jadi Bisa Lewat

Faiz Iqbal Maulid - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 14:30 WIB
Tembok perumahan penghalang rumah warga Kampung Bulak, Serua, Tangsel, dibongkar, 15 September 2021. (Dok Pujiono)
Tembok perumahan penghalang rumah warga Kampung Bulak, Serua, Tangsel, dibongkar, 15 September 2021. (Dok Pujiono)
Tangsel -

Tembok perumahan Bukit Nusa Indah yang semula mempersempit jalan menuju rumah warga Kampung Bulak kini sudah dibongkar. Pembongkaran terus berlanjut hingga mobil bisa lewat.

"Sesuai kesepakatan dengan pengembang perumahan, memang ini lebar pembongkaran tembok adalah 3 meter untuk bersama," kata Pujiono, salah satu warga Kampung Bulak yang rumahnya sempat terhalang tembok itu, Rabu (15/9/2021).

Kampung Bulak berbatasan dengan Perumahan Bukit Nusa Indah, lokasinya ada di Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan. Kesepakatan yang disebut Pujiono adalah kesepakatan yang dicapai lewat musyawarah, di depan Lurah Serua, pada Sabtu (11/9) kemarin.

Hari ini, pembongkaran dilanjutkan untuk menghilangkan bagian bawah tembok yang sudah dijebol pada Senin (13/9) lalu. Bagian bawah ini perlu dijebol supaya mobil bisa lewat.

"Sudah bisa dilewati mobil. Tembok sudah sampai dasar tanah. tidak ada yang menghalangi lagi," kata Puji.

Mobil yang hendak lewat perlu masuk dulu ke jalan perumahan, kemudian belok ke tembok yang telah dijebol selebar 3 meter itu untuk menuju permukiman kampung tempat Puji dan tetangga-tetangganya. Selain itu, bagian dalam jalan sisi kampung di belakang tembok perumahan sudah disemen, semula permukaan jalan kecil selebar 1,2 meter ini berupa tanah saja.

Tembok itu sepanjang 30 meter membujur di Jl Pelikan kawasan permukiman di sini. Memang, tidak semua tembok dirobohkan kecuali hanya selebar 3 meter di depan rumah tiga warga, salah satunya rumah Pujiono, yang dirobohkan karena punya akses utama yang berhadapan dengan tembok.

(dnu/dnu)