detikcom Do Your Magic

Tembok Perumahan Depan Rumah Warga di Serua Dibongkar, Jalan Juga Disemen

Athika Rahma - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 17:10 WIB
Jalan gang di samping tembok perumahan yang kini ujungnya sudah dibongkar, kini permukaan jalan sudah disemen. 14 Septermber 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Jalan gang di samping tembok perumahan yang kini ujungnya sudah dibongkar, kini permukaan jalan sudah disemen, 14 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Tangsel -

Tembok perumahan yang mempersempit akses warga Kampung Bulak, Serua, Tangerang Selatan, sudah dibongkar. Jalan gang yang disediakan pengembang untuk tiga rumah warga kampung juga disemen.

Berdasarkan pantauan hari Rabu (8/9/2021) pekan lalu, permukaan jalan sempit di balik tembok tersebut hanya berupa tumpukan tanah. Jalan tersebut cukup licin dan bisa membuat pejalan kaki terjatuh jika tidak berhati-hati.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (14/9) hari ini, permukaannya sudah disemen. Jalurnya jadi lebih aman dan tidak membuat pejalan kaki terpeleset meskipun melangkah setelah hujan.

Permukaan jalan selebar 1,2 meter ini disemen sampai depan rumah Tarmo, salah satu warga yang mengeluhkan masalah tembok perumahan tersebut.

Awalnya, jalan ini dibuat lantaran tembok perumahan yang terbentang sepanjang 30 meter tersebut menutupi akses warga sekitar. Setelah diprotes warga, pengembang akhirnya membangun jalan setapak tersebut dengan luar sekitar 1,2 meter.

Jalan gang di samping tembok perumahan yang kini ujungnya sudah dibongkar, kini permukaan jalan sudah disemen. 14 Septermber 2021. (Athika Rahma/detikcom)Jalan gang di samping tembok perumahan yang kini ujungnya sudah dibongkar, kini permukaan jalan sudah disemen, 14 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Namun warga menilai jalan setapak tersebut terlalu sempit untuk dilalui kendaraan, terutama kendaraan roda empat. Akhirnya, setelah melalui mediasi, dilakukanlah pembongkaran tembok di depan rumah warga terdampak, yaitu Tarmo (51) dan Puji (51), pada Senin (13/9) kemarin.

Pembongkaran itu disaksikan langsung oleh Sekretaris Kelurahan Nasin Sutiadi dan dua warga terdampak sebagai saksi, Tarmo dan Pujiono. Ada pula unsur Satpol PP Tangerang Selatan hingga aparat TNI.

Simak video 'Sempat Persempit Akses Warga, Tembok di Serua Tangsel Akhirnya Dibongkar':

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/dnu)