Gage PPKM Makin Luas, Ini Aturan hingga Info Terbarunya

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 13:37 WIB
Gage PPKM Makin Luas, Ini Aturan hingga Info Terbarunya
Gage PPKM Makin Luas, Ini Aturan hingga Info Terbarunya - ilustrasi gage di Puncak Bogor (Foto: M Sholihin/detikcom)
Jakarta -

Gage PPKM kembali diberlakukan di periode perpanjangan PPKM Jawa Bali. Aturan ini diterapkan pemerintah mulai tanggal 14 September - 20 September 2021 mendatang.

Demi pengendalian aktivitas dan mobilitas masyarakat di masa perpanjangan PPKM ini, Polda Metro Jaya akan tetap melanjutkan aturan pembatasan kendaraan melalui sistem gage (ganjil genap).

"Ganjil genap tetap (berlaku)," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Untuk mengetahui informasi mengenai aturan gage PPKM, simak ulasannya berikut ini.

Gage PPKM: Wilayah DKI Jakarta

Sesuai dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) No 42 tahun 2021, DKI Jakarta kini berada di level 3 PPKM Jawa-Bali. Artinya, masih sama dengan pekan sebelumnya.

Lokasi dan jadwal ganjil genap di DKI Jakarta pun belum ada perubahan. Adapun aturan lokasi ganjil genap DKI Jakarta diterapkan pada tiga ruas jalan berikut ini.

  1. Jalan Jenderal Sudirman
  2. Jalan MH Thamrin
  3. Jalan H.R Rasuna Said

Sedangkan jadwal ganjil genap tetap diberlakukan setiap hari, termasuk akhir pekan, mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Gage PPKM: Diperluas ke Lokasi Wisata

Selain di tiga jalan utama Jakarta, penerapan gage PPKM diperluas hingga ke lokas-lokasi wisata lainnya. Hal ini sejalan dengan aturan pemerintah yang pemberlakukan sistem gage di lokasi tujuan wisata, aturan ini diterapkan agar terhindar dari membludaknya wisatawan di lokasi-lokasi wisata

"Aturan ganjil genap di tempat wisata dimulai dari Jumat - Minggu tujuannya mengurangi kendaraan ke sana. Supaya jangan sampai kayak Pangandaran minggu lalu pengunjung banyak," ungkap Menko Luhut Binsar Pandjaitan.

Meski begitu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo hingga kini belum memutuskan lokasi wisata mana saja yang akan diterapkan sistem gage dan kapan akan mulai diberlakukan.

"Nanti kita akan konsepkan dulu. Kita lihat lagi mana tempat wisata DKI yang buka," kata Sambodo.

Sejak 1 September 2021 polisi juga sudah melakukan sanksi tilang bagi pelanggar gage. Sanksi tilang dilakukan secara manual hingga melalui e-TLE.