Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi? Ini Penjelasannya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 10:10 WIB
Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi? Ini Penjelasannya
Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi? Ini Penjelasannya -- ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Apakah PPKM Jawa Bali diperpanjang lagi perlu diketahui masyarakat. Sejumlah daftar wilayah kategori level 2,3,4 serta aturannya juga akan mengalami penyesuaian.

Diketahui pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali masih berlangsung hingga kini. Namun sejumlah kegiatan masyarakat di masa PPKM mulai dilonggarkan, seperti uji coba pembukaan mal di beberapa daerah.

Lalu, Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi?

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan penjelasan soal nasib PPKM lewat konferensi pers virtual, Senin (13/9) lalu. Luhut mengatakan pemerintah kembali akan memperpanjang PPKM Jawa Bali selama sepekan, yaitu hingga 20 September 2021.

Luhut juga menjelaskan soal kapan PPKM akan selesai. Pihaknya juga menjelaskan evaluasi akan terus dilakukan setiap satu minggu sekali.

"Pemerintah hari ini sekali lagi mempertegas pertanyaan banyak orang kapan PPKM Level Jawa Bali ini akan terus diberlakukan. Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM Level ini di seluruh wilayah Jawa Bali dan melakukan evaluasinya tiap satu minggu guna menekan angka kasus konfirmasi dan tidak mengulang kejadian yang sama di kemudian hari," ucap Luhut.

Luhut juga menjelaskan arahan Presiden Joko Widodo terkait PPKM. Ditegaskan PPKM tak akan diakhiri sampai kasus COVID-19 di Indonesia sudah benar-benar terkendali.

"Presiden sudah memberikan arahan, perintah pada kami. Kita tidak akan mengakhiri PPKM ini sampai betul-betul COVID-19 ini bisa terkendali," ujar Luhut.

Luhut menyebut PPKM merupakan pilar penting dalam penanganan COVID-19 di tanah air. Dia berharap situasi pandemi segera membaik.

Bioskop Boleh Buka

Pertanyaan soal apakah PPKM Jawa Bali diperpanjang lagi kini sudah diketahui. Di masa perpanjangan PPKM Jawa Bali kali ini, aktivitas masyarakat kembali mengalami penyesuaian, salah satunya diizinkan bukanya bioskop di Jawa dan Bali.

"Ada beberapa penyesuaian dan pengetatan aktivitas masyarakat yang bisa dilakukan dalam periode minggu ini antara lain. Pertama pembukaan bioskop," kata Luhut.

Diketahui bioskop hanya dibuka untuk kabupaten kota dengan PPKM level 2 hingga 3. Luhut menyebut maksimal pengunjung hanya 50 persen.

Pihak pengelola bioskop diminta harus menyediakan scan QR Code PeduliLindungi di lokasi bioskop. Lebih lanjut, hanya wilayah yang termasuk dalam kategori hijau yang diperbolehkan membuka bioskop.

"Namun dengan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta prokes yang ketat, hanya kategori hijau yang dapat masuk area bioskop," ujar Luhut.

Selanjutnya menjawab soal apakah PPKM Jawa Bali diperpanjang lagi dan aturan terbaru bisa dicek di halaman selanjutnya.