Jenazah I Wayan Korban Kebakaran Lapas Tangerang Akan Dikremasi di Jakut

Firda Cynthia - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 11:13 WIB
Wamenkumham Eddy Hiraej menyerahkan jenazah i Wayan Tirta, korban kebakaran Lapas Tangerang ke keluarga, Rabu (15/9/2021).
Wamenkumham Eddy Hiariej menyerahkan jenazah I Wayan Tirta, korban kebakaran Lapas Tangerang ke keluarga. (Firda/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah menyerahkan jenazah I Wayan Tirta Utama (36), korban kebakaran Lapas Tangerang, ke pihak keluarga. Selanjutnya, jenazah I Wayan akan dikremasi di krematorium Cilincing, Jakarta Utara.

"(Dikremasi) di Cilincing, Jakarta Utara. Dikremasi di sana. Ada keluarganya, bapak sama kakaknya," kata Direktur Keamanan dan Ketertiban Dirjen Pas Abdul Aris saat dihubungi detikcom, Rabu (15/9/2021).

Pantauan detikcom di lokasi pukul 08.45 WIB, keluarga I Wayan mendatangi Gedung Instalasi Forensik RS Polri. Tak lama kemudian, peti jenazah I Wayan Tirta bertuliskan nomor kantong jenazah 0019.PMJ/RSPOLRI/0030 dikeluarkan dari gedung dan dibawa menggunakan Ambulans Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM.

Proses serah-terima jenazah almarhum tersebut dilakukan di Gedung Instalasi Forensik RS Polri, tadi pagi. Jenazah diserahkan secara langsung oleh Wamenkumham Eddy Hiariej.

"Kami baru saja menyerahkan salah satu jenazah korban kebakaran di Lapas Tangerang," ujar Eddy Hiariej di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, tadi pagi.

Dalam kesempatan itu, Eddy Hiariej juga menyerahkan santunan kepada keluarga korban tewas kebakaran Lapas Tangerang. Eddy juga menyampaikan rasa dukacita atas peristiwa tragis tersebut.

"Kami menyerahkan juga uang santunan sebagai tali asih dari Kemenkumham, tentunya dengan perasaan dukacita yang sangat mendalam bahwa apa yang terjadi sama sekali tidak kita inginkan bersama," jelasnya.

"Jangan dilihat dari besaran uang dukanya, tapi dilihat dari salah satu tanggung jawab dan tali kasih kita kepada keluarga korban," ucapnya.

4 Jenazah Diserahkan ke Keluarga

Hai ini Ditjen Pas Kemenkumham menyerahkan 4 jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang. Keempat jenazah itu adalah I Wayan Tirta Utama (36), Eko Supriyadi (29), Irfan (39), dan Chendra Susanto (40).

Per hari ini, Rabu (15/9) pukul 10.30 WIB, sudah 20 jenazah korban Lapas Tangerang yang diserahkan ke pihak keluarga. Sedangkan total jenazah yang sudah teridentifikasi sebanyak 25 jenazah dari total 41.

(mea/mea)