PPKM di Semarang Sampai Tanggal Berapa, Cek di Sini!

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 11:10 WIB
PPKM di Semarang Sampai Tanggal Berapa, Cek di Sini!
PPKM di Semarang Sampai Tanggal Berapa, Cek di Sini! -- ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

PPKM di Semarang sampai tanggal berapa muncul sejalan dengan kebijakan pemerintah yang memperpanjang PPKM di Jawa dan Bali. Semarang termasuk di antara salah satu wilayah yang menerapkan PPKM di Jawa dan Bali.

DI masa perpanjangan PPKM Jawa Bali terbaru, sejumlah penyesuaian dilakukan pemerintah, termasuk kategori level PPKM. Ada pula penyesuaian aturan-aturan baru yang sudah mulai diuji coba.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, detikcom sudah merangkumkan penjelasannya di bawah ini.

PPKM di Semarang Sampai Tanggal Berapa: Ini Jawabannya!

Merujuk Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021, pemerintah memperpanjang PPKM Jawa Bali mulai 14 September-20 September 2021. Dari aturan itu dapat disimpulkan PPKM di Semarang juga akan berlangsung sampai tanggal 20 September mendatang.

Pemerintah juga sepakat memberlakukan PPKM sampai virus COVID-19 di Indonesia terkendali. PPKM sendiri dievaluasi pemerintah setiap satu minggu sekali.

"Pemerintah hari ini sekali lagi mempertegas pertanyaan banyak orang kapan PPKM Level Jawa Bali ini akan terus diberlakukan. Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM Level ini di seluruh wilayah Jawa Bali dan melakukan evaluasinya tiap satu minggu guna menekan angka kasus konfirmasi dan tidak mengulang kejadian yang sama di kemudian hari," ujar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (13/9).

PPKM di Semarang Sampai Tanggal Berapa: Kategori Level PPKM

Pertanyaan soal PPKM di Semarang sampai tanggal berapa sudah terjawab. Selanjutnya, mari simak informasi terkait level PPKM di Semarang.

Masih merujuk Inmendagri 42/20221, Semarang masih menjalani PPKM level 3. Artinya, sejak pekan lalu tidak ada perubahan status PPKM di Semarang.

Kendati demikian, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan masyarakat agar tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan. Dia juga mengimbau masyarakat tidak euforia dalam menyambut penurunan kasus aktif COVID-19 di Semarang.

"Terima kasih, tapi jangan euforia dulu, tetap dijaga semuanya. Kondisi yang makin turun dan makin baik ini mari kita jaga, agar kita sampai ke garis finish dengan aman dan selamat," kata Ganjar di rumah dinasnya, Selasa (7/6).

Selain Semarang, sejumlah wilayah di Jawa Tengah juga memberlakukan PPKM level 2 hingga 20 September mendatang. Antara lain:

  1. Kabupaten Pati
  2. Kabupaten Temanggung
  3. Kabupaten Rembang
  4. Kabupaten Pemalang
  5. Kabupaten Kudus
  6. Kota Tegal
  7. Kota Semarang
  8. Kota Pekalongan
  9. Kabupaten Kendal
  10. Kabupaten Banjarnegara
  11. Kabupaten Semarang
  12. Kabupaten Pekalongan
  13. Kabupaten Jepara
  14. Kabupaten Grobogan
  15. Kabupaten Blora
  16. Kabupaten Batang
  17. Kabupaten Demak

Lebih lanjut soal PPKM di Semarang sampai tanggal berapa dan sederet informasi terbarunya. Cek di halaman selanjutnya.