KPK Konfirmasi Swasta soal Barang Bukti di Kasus Korupsi Bupati Banjarnegara

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 10:48 WIB
Film dokumenter KPK Endgame ditonton oleh pegawai tak lolow TWK.
Foto: Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK telah memeriksa Wakil Direktur atau pemilik PT Himah Kurnia, Herry Mudzakir terkait kasus dugaan korupsi pengadaan pada Dinas PUPR Banjarnegara 2017-2018. KPK mengkonfirmasi saksi itu terkait dengan barang bukti dari hasil penggeledahan.

"Herry Mudzakir (Wakil Direktur/ Pemilik PT Himah Kurnia), yang bersangkutan hadir dan dikonfirmasi berbagai barang bukti yang diperoleh tim penyidik saat melakukan penggeledahan beberapa waktu lalu dan sekaligus dilakukan penyitaan dokumen," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (15/9/2021).

KPK diketahui telah menggeledah kantor dinas PUPR hingga kantor dan rumah dinas Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono (BS), yang merupakan tersangka dalam kasus ini. KPK juga memeriksa Direktur PT Harya Dewa, Sugeng Karyoto dan dikonfirmasi soal pengaturan paket proyek tersebut.

"Sugeng Karyoto (Direktur PT Harya Dewa), yang bersangkutan hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan dugaan adanya pengaturan paket proyek pekerjaan di Kabupaten Banjarnegara baik langsung oleh tersangka BS maupun melalui tersangka KA (Kedy Afandi)," katanya.

Ali mengatakan kedua saksi itu diperiksa Selasa kemarin (14/9). Mereka diperiksa di Gedung Perwakilan BPKP DI Yogyakarta.

KPK sebelumnya menetapkan Budhi Sarwono sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengadaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara tahun 2017-2018 dan gratifikasi. Budhi telah ditahan bersama tersangka lainnya, Kedy Afandi.

"Setelah KPK melakukan penyelidikan maka kita tentu menemukan adanya bukti permulaan cukup dan kita tingkatkan ke penyidikan, malam hari ini sampaikan rekan-rekan atas kerja keras tersebut, menetapkan dua tersangka antara lain BS yaitu Bupati Kabupaten Banjarnegara periode 2017-2022, tersangka kedua KA, pihak swasta," kata Ketua KPK, Firli Bahuri, dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (3/9).

Simak berita lengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Bupati Banjarnegara Diduga Atur Lelang Proyek Libatkan Bisnis Keluarga':

[Gambas:Video 20detik]