KPI Penuhi Panggilan Komnas HAM Terkait Kasus Dugaan Pelecehan Pegawai

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 10:31 WIB
Kepanjangan KPI yang Dapat Aduan Voli Berbikini di Olimpiade
Komisi Penyiaran Indonesia (Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memenuhi panggilan Komnas HAM untuk dimintai keterangan terkait dugaan pelecehan dan perundungan sesama pegawai pria di KPI. Proses permintaan keterangan saat ini sedang berlangsung.

"Saat ini proses permintaan keterangan sedang berlangsung," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsari saat dikonfirmasi, Rabu (15/9/2021).

Beka menyampaikan perwakilan KPI yang hadir ke Komnas HAM, yakni Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi dan Kepala Sekretariat KPI Umri. Mereka juga didampingi tenaga ahli (TA) hukum KPI.

"Wakil Ketua KPI dan Kepala Sekretariat KPI didampingi TA hukum," ujarnya.

Sebelumnya, Komnas HAM telah menjadwalkan pemanggilan kepada KPI terkait dugaan pelecehan dan perundungan sesama pegawai pria Rabu (15/9). Komnas HAM bakal menanyakan kronologi peristiwa pelecehan hingga investigasi internal yang sudah dilakukan oleh KPI.

"Terkait dengan kronologi peristiwa versi KPI, langkah yang sudah dijalankan serta langkah-langkah ke depan. (Hasil investigasi) menjadi salah satu materi yang akan ditanyakan ke KPI," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung saat dihubungi, Selasa (14/9).

Beka menyampaikan, selain memanggil KPI, Komnas HAM memanggil pihak kepolisian, dalam hal ini Polres Metro Jakarta Pusat. Pemanggilan kepada KPI diagendakan pagi hari, sedangkan kepolisian pada siangnya.

"Diagendakan besok. KPI pagi, kepolisian siang," ujarnya.

(dwia/dwia)