Bertambah 7, Korban Lapas Tangerang yang Teridentifikasi Jadi 25 Jenazah

Firda Cynthia - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 15:07 WIB
Tim DVI kembali identifikasi jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang (Foto: Firda/detikcom)
Tim DVI kembali identifikasi jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang. (Firda/detikcom)
Jakarta -

Tim Disaster Victim Identification (DVI) RS Polri kembali mengidentifikasi 7 jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang. Dengan penambahan itu, total ada 25 jenazah yang sudah teridentifikasi.

"Sampai tanggal 14 September 2021, tim DVI telah berhasil mengidentifikasi sebanyak 25 jenazah. Mudah-mudahan kekurangannya ada sebanyak 16 jenazah akan secepatnya diselesaikan oleh tim dan segera memberi kepastian kepada keluarga," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat konferensi pers di RS Polri Kramat Jati, Selasa (14/9/2021).

Identitas ketujuh jenazah yang teridentifikasi hari ini adalah Rizal (40), Mashur (41), Chendra Susanto (40), Eko Supriyadi (29), Irfan (39), M Alfian Ariga (32), dan Roman Iman Sunandar (35).

Sespusdokkes Polri Kombes Pol Pramujoko mengatakan jenazah korban tewas terbakar dapat teridentifikasi berkat data yang didapat dari posko antemortem, yaitu DNA dan rekam medis.

"Kita sudah mengidentifikasi tujuh jenazah melalui DNA dan medical. Medical itu merupakan tanda-tanda tubuh, baik tanda-tanda umum maupun tanda-tanda khusus," terang Pramujoko dalam kesempatan yang sama.

"Tanda-tanda khusus itu seperti tato, segala macam, itu sudah kita rilis. Saat ini kita hanya mengandalkan pemeriksaan DNA sebagai primer. Kemudian dengan data-data tubuh secara umum, misalnya jenis kelamin, tinggi badan, dan ada beberapa juga rambut yang masih tertinggal sedikit," lanjutnya.

Pramujoko menuturkan pihaknya akan menyelesaikan proses identifikasi semua jenazah dengan segera. Menurutnya, proses identifikasi akan diselesaikan pada pekan ini.

"Kita akan bekerja secara cepat seperti harapan masyarakat untuk segera kita menyelesaikannya. Harapan saya, minggu ini bisa terselesaikan semua," katanya siang itu.

Hingga saat ini, Tim DVI telah mengidentifikasi 25 dari 41 jenazah korban tewas kebakaran maut di Lapas Tangerang pada Rabu (8/9) lalu. Akibat insiden tersebut, sebanyak 48 orang tewas dan 73 menderita luka-luka per Selasa (14/9).

Simak video 'Silih Berganti Keluarga Jemput Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)