detikcom Do Your Magic

Kini, Sampah Tak Lagi Tutupi Kali Busa di Bekasi

Faiz Iqbal Maulid - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 11:43 WIB
Kali Busa, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, usai dibersihkan, 14 Septermber 2021. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)
Kali Busa, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, usai dibersihkan, 14 Septermber 2021. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)
Bekasi -

Tumpukan sampah yang sempat menyumbat Kali Busa, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi sudah diangkut. Kini, permukaan Kali Busa tidak lagi tertutup oleh tumpukan.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (14/9/2021), tumpukan sampah tampak tidak menggenangi Kali Busa lagi.

Pagi hari, hujan mengguyur lokasi. Air terlihat mengalir lancar melalui bawah jembatan. Jembatan ini masih rusak dan menjadi penyebab penyumbatan sampah sebelumnya.

Bila tiga hari lalu ada alat berat ekskavator yang dioperasikan petugas kebersihan untuk mengangkut tumpukan sampah, kini alat berat itu tidak terlihat lagi.

Beberapa sampah seperti sampah makanan dan limbah rumah tangga masih terlihat di tepian tanah yang rapuh di Kali Busa.

Kali Busa, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, usai dibersihkan, 14 Septermber 2021. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)Kali Busa, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, usai dibersihkan, 14 Septermber 2021. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)

Udara di kali ini tak lagi membuat orang tutup hidung. Semula, bau tumpukan sampah terasa menyengat. Kini, udara sudah lebih netral di lokasi.

Tumpukan sampah yang menggunung di bawah jembatan juga mulai berkurang. Tumpukan itu diduga yang menghambat aliran air di Kali Busa, disebabkan oleh jembatan yang rusak menjorok ke bawah, mengganjal aliran aneka sampah.

(dnu/dnu)