detikcom Do Your Magic

Sampah Kali Busa Bekasi Mulai Berkurang Usai Ekskavator Dikerahkan

Azhar Bagus Ramdhan - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 17:44 WIB
Usah dibersihkan dengan eskavator, kali busa sampah di kali mulai berkurang.
Sampah di Kali Busa Bekasi sudah berkurang (Azhar/detikcom).
Kabupaten Bekasi -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mulai mengeksekusi tumpukan sampah yang ada di Kali Busa, Tambun Utara, Bekasi. Pada hari pertama, sampah di Kali Busa ini sudah terlihat berkurang.

Pantauan detikcom, pukul 16.34 WIB, Jumat (10/9/2021), ekskavator itu masih terus mengangkut sampah-sampah yang ada di kali. Sampah itu diangkat ke bagian pinggir kali guna melancarkan aliran air.

Sampah-sampah yang awalnya menumpuk kini sudah mulai diangkut. Tidak terlihat tumpukan sampah di sekitar jembatan Kali Busa.

Pembersihan dimulai dari dekat jembatan. Sampah yang jauh dari jembatan masih terlihat menumpuk.

Camat Tambun Utara Najmuddin mengatakan sampah itu nantinya akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Burangkeng, Kabupaten Bekasi. Untuk sementara sampah-sampah itu hanya disisihkan ke pinggir kali.

Usah dibersihkan dengan eskavator, kali busa sampah di kali mulai berkurang.Setelah diangkat dengan ekskavator, sampah di kali mulai berkurang. (Azhar/detikcom)

"Ini besok diangkut ke TPA Burangkeng. Sekarang ditaruh di pinggir dulu," kata Najmuddin.

Pembersihan kali dari sampah ini ditargetkan selesai dalam waktu tiga hari ke depan. Sampah itu diperkirakan sebanyak 50 kubik.

"Ya insyaallah hari ini kita akan membersihkan semua. Mungkin memakan waktu 3 hari. Dengan kubikasi sekitar 50 kubik," kata Camat Tambun Utara Najmuddin di lokasi, Jumat (10/9).

Najmuddin mengatakan pihaknya telah mengerahkan 30 anggota untuk pembersihan. Terdapat juga 1 unit ekskavator dalam mempercepat pengangkatan sampah ini.

"Petugas ada 30 dari Dinas Lingkungan Hidup Wilayah II," ujar Najmuddin.

(aik/aik)