Polri: Densus Tangkap Pegawai Kimia Farma Tak Terkait Profesi

Firda Cynthia - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 16:27 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) berinisial S alias MT di Bekasi beberapa waktu lalu. Belakangan S diketahui merupakan pegawai Kimia Farma.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengaku pihaknya belum mengetahui kebenaran bahwa S alias MT adalah pegawai Kimia Farma.

"Itu pengakuan dari Kimia Farma, tapi kami belum melihat apakah itu benar pegawai atau tidak," kata Ahmad Ramadhan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (13/9/2021).

Meski begitu, Ramadhan menegaskan bahwa penangkapan S alias MT tidak terkait dengan profesinya sebagai pegawai Kimia Farma, melainkan dugaan keterlibatannya dalam jaringan JI.

"Kaitannya penangkapan bukan masalah profesi, tapi dari perbuatan yang bersangkutan dan perbuatan tersangka," kata Ramadhan.

Keterlibatan Terduga Teroris S

Kabag Banops Densus 88 Kombes Aswin Siregar menyampaikan S tergabung dalam Perisai Nusantara Esa pada 2018. Perisai Nusantara Esa sendiri merupakan sayap organisasi Jamaah Islamiyah dalam bidang advokasi.

"Terduga S alias MT adalah anggota fund raising Perisai pada tahun 2018," ujar Aswin melalui keterangan tertulis, Senin (13/9).

Selain itu, Aswin mengatakan S pernah menjadi pembina Perisai Nusantara Esa pada 2020. Dia juga tergabung ke dalam Tholiah Jabodetabek, di mana Tholiah merupakan bidang pengamanan orang dan aset milik JI.

"Anggota Tholiah Jabodetabek saat kepemimpinan Hari," ucapnya.

Simak video 'Densus Amankan 3 Terduga Teroris Jaringan JI di Jakarta-Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak penjelasan Kimia Farma di halaman selanjutnya.