Sopir Truk di Riau Protes Diminta Putar Balik Gegara Ada Perbaikan Jalan

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 15:54 WIB
Sopir truk protes soal perbaikan jalan di Riau (dok. Istimewa)
Sopir truk protes soal perbaikan jalan di Riau. (Dok. Istimewa)
Pekanbaru -

Pekerjaan proyek jalan yang berdampak pengalihan rute kendaraan di Indragiri Hulu, Riau, menuai protes. Para sopir truk protes karena dipaksa putar balik saat melewati proyek jalan tersebut.

Penutupan jalan yang menghubungkan 2 kecamatan tersebut diprotes oleh sopir truk dan warga di lokasi proyek. Mereka mengeluh karena dipaksa melintasi rute lebih jauh hingga menambah uang jalan.

"Saya sebagai perwakilan sopir keberatan masalah keamanan, uang jalan dan waktu. Tentu sopir yang rumahnya di Rengat ini keberatan," kata Mandor Angkutan Sumber Kencana Inhu, Tariono, Senin (13/9/2021).

Tariono mengatakan sopir yang biasa melintas di lokasi harus mengeluarkan uang jalan lebih banyak jika harus memutar. Mereka khawatir soal keamanan melewati jalan yang dilalui setiap hari.

"Kami ambil angkutan tiap hari. Tapi kan jauh sopir-sopir ini, keamanan juga kami khawatir," kata Tariono.

Dia menyebut kontrak mereka berjumlah 80 angkutan setiap hari dan tidak bisa dihentikan. Menurutnya, jarak tempuh yang bertambah jauh mengganggu jumlah angkutan.

"Ini keluhan semua sopir truk, semua sopir mengeluhkan karena tidak bisa melintasi jalan ini. Contoh kontrak kami, itu ada 80 truk setiap hari," katanya.

Sopir truk lainnya, Mastur, menilai truk bisa melintas di lokasi tanpa mengganggu pekerjaan oleh Dinas PUPR Riau di Jalan Azki Aris itu. Namun kini sopir harus melewati Batang Gansal atau tiga kali lebih jauh.

"Jika pengalihan dilakukan PUPR Provinsi Riau harusnya mengeluarkan surat resmi dan sampaikan pada pengusaha angkutan. Kenapa ini baru diberlakukan, sedangkan selama ini tidak dilakukan, ada apa ini? Jangan kami dibuat susah," ucapnya

detikcom telah menghubungi Kepala Dinas PUPR Riau Taufik Oesman Hamid terkait protes tersebut. Namun yang bersangkutan belum memberi jawaban.

(ras/haf)