Ada Penjual Daging Anjing di Pasar Senen, PAN: Kurang Pengawasan!

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 08:15 WIB
Farazandi Fidinansyah
Farazandi (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Fraksi PAN DKI Jakarta menyebut kurangnya pengawasan di pasar sehingga pedagang Pasar Senen, Jakarta Pusat (Jakpus) menjual daging anjing. PAN meminta agar PD Pasar Jaya memperkuat tim monitoring dan evaluasi di tiap-tiap pasar.

"Celah dimungkinkan karena kurang pengawasan dari tim pemantau, atau aturan yang kurang tegas diterapkan. Semoga kejadian ini tidak terulang lagi," kata anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta dari fraksi PAN, Farazandi Fidinansyah kepada wartawan, Minggu (12/9/2021).

Wasekjen DPP PAN itu mengatakan PD Pasar Jaya sudah memetakan penjualan daging tertentu di tiap-tiap pasar. Dia menekankan harusnya tidak ada pedagang yang menjual daging di luar ketentuan.

"PD Pasar Jaya sudah berupaya memetakan area khusus penjualan untuk daging tertentu, tidak boleh ada di luar aturan yang berlaku," jelasnya.

Farazandi meminta PD Pasar Jaya menggencarkan sosialisasi mengenai aturan jual-beli di pasar. Dia juga meminta agar pedagang diberikan pemahaman mengenai peraturan perlindungan konsumen.

"PD Pasar Jaya sudah sepatutnya mensosialisasikan peraturan yang berlaku di Pasar. Serta sosialisasi dan pemahaman terhadap Peraturan Perlindungan Konsumen. Agar tidak ada perbedaan pemahaman antar pedagang," jelasnya.

Selain itu, Farazandi mendesak agar PD Pasar Jaya memperkuat tim monitoring dan evaluasi di tiap-tiap pasar. Sehingga akan ada pengawasan bagi pedagang yang hendak melakukan kecurangan seperti menjual daging anjing.

"PD Pasar Jaya butuh diperkuat tim monitoring dan evaluasi terhadap aktivitas yang berlangsung di masing-masing pasar, serta sosialisasi dan penegakan sanksi atas pelanggaran-pelanggaran yang terjadi," kata dia.

"Dengan adanya tim monitoring dan evaluasi, akan dapat meminimalisir kejadian seperti ini terulang kembali," lanjutnya.

PD Pasar Jaya juga diminta untuk memberikan sanksi yang tegas kepada pedagang daging anjing itu. Dia mendorong agar izin usaha pedagang yang menjual daging anjing itu dicabut bila kejadian serupa berulang.

"Kami mendorong adanya tindakan tegas, selain sanksi administrasi, perlu sanksi tegas, jika masih nekat dan berulang cabut saja izin operasi kios nya," kata dia.

Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.

Saksikan video 'Jika Masih Bandel, Penjual Daging Anjing di Pasar Senen Ditutup Permanen!':

[Gambas:Video 20detik]