Siap-siap! Titik Crowd Free Night di Jakarta Mungkin Ditambah

ADVERTISEMENT

Siap-siap! Titik Crowd Free Night di Jakarta Mungkin Ditambah

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 12 Sep 2021 11:11 WIB
Crowd Free Night Artinya Apa? Siap-siap Berlaku di Jakarta Akhir Pekan
Foto ilustrasi crowd free night. (ANTARA/RENO ESNIR)
Jakarta -

Kebijakan crowd free night di empat titik kawasan Jakarta diklaim berhasil menurunkan mobilitas masyarakat. Dengan adanya penurunan mobilitas masyarakat di daerah yang menerapkan, bukan tidak mungkin kebijakan crowd free night akan diperluas di wilayah lainnya.

Kebijakan crowd free night mulai berlaku pada Jumat (10/9/2021) malam. Polisi mengklaim crowd free night berhasil efektif membatasi kerumunan di daerah yang menerapkan.

"Pelaksanaannya efektif. Di empat kawasan yang kita batasi kerumunannya, jalannya sepi dan efektif hilangkan kerumunan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Sabtu (11/9/2021).

Adapun 4 kawasan di Jakarta yang menerapkan crowd free night adalah Sudirman-Thamrin, kawasan SCBD, kawasan Asia-Afrika, hingga kawasan Kemang. Empat kawasan itu dipilih karena dianggap masih kerap ditemukan kerumunan di lokasi.

Dari penelusuran dan penjagaan polisi di empat titik itu, kerumunan warga bisa dikurangi mulai pukul 21.00 WIB. Beberapa lokasi kerumunan di pinggir jalan di lokasi tersebut pun diklaim berkurang.

"Ini kan karena penyisiran dilaksanakan berlapis, mulai tingkat tiga pilar di kecamatan dan oleh Polres dan Kodim dan Polda tadi malam. Praktis semua tempat yang ada kerumunan itu sekitar jam 8, jam 9 sudah bubar itu yang di pinggir jalan," tutur Sambodo.

Karena itu, polisi membuka peluang menambah titik crowd free night. Dalam sepekan ke depan, polisi bakal mengevaluasi lokasi lain yang kemungkinan bakal menerapkan crowd free night.

"Nanti kalau misalnya dalam seminggu ke depan ditemukan lokasi lainnya yang ada pelanggaran prokes nanti bisa jadi kawasan tersebut kita laksanakan crowd free night," ujar Sambodo.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak video 'Penjelasan Polisi soal Mekanisme Tilang Pelanggar Ganjil Genap di DKI':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT