Catat! Ada Crowd Free Night di Jakarta Malam Ini

ADVERTISEMENT

Catat! Ada Crowd Free Night di Jakarta Malam Ini

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 19:32 WIB
Suasana malam jalan yang terlihat sepi di  kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (12/5/2021) malam. Polda Metro Jaya memberlakukan crowd free night untuk mencegah kerumunan takbir keliling di malam Idul Fitri 1442 yang berlaku mulai pukul 22:00 malam ini  untuk mencegah penularan COVID-19.  ANTARA FOTO/ Reno Esnir/hp.
Ilustrasi crowd free night (ANTARA/RENO ESNIR)
Jakarta -

Polda Metro Jaya memberlakukan crowd free night setiap akhir pekan selama PPKM berlangsung, termasuk malam ini. Crowd free night diberlakukan untuk meminimalkan terjadinya kerumunan.

Crowd free night artinya pengendara tidak boleh melintas di titik-titik dan jam tertentu. Polisi membuat aturan ini karena masih banyaknya jumlah pelanggaran kerumunan dan protokol kesehatan yang terjadi selama PPKM.

"Karena ditengarai PPKM level 3 ini banyak sekali pelanggaran protokol kesehatan, terutama di tempat-tempat keramaian," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Senin (6/9/2021).

Kegiatan crowd free night digelar di empat titik, yaitu:

- Jalan Sudirman-Thamrin
- Kawasan SCBD
- Kawasan Asia-Afrika
- Kawasan Kemang

Crowd free night dilaksanakan dua tahap dengan melakukan penyaringan kendaraan secara selektif dan ketat, yakni pukul 22.00-24.00 WIB dan pukul 00.00-04.00 WIB.

Pukul 22.00-24.00 WIB crowd free night dilaksanakan dengan melakukan filterisasi selektif. Artinya, polisi akan menyeleksi kendaraan yang boleh melintas.

Pada tahap ini, polisi akan melakukan seleksi kendaraan. Klub motor, konvoi motor, dan sejenisnya dilarang melintas.

Sesi berikutnya adalah filterisasi ketat yang dilaksanakan pada pukul 00.00-04.00 WIB. Pada jam-jam tersebut hanya kendaraan tertentu yang boleh melintas.

Ada pengecualian saat crowd free night. Warga yang tinggal di empat area tersebut tetap boleh melintas. Kendaraan yang dikecualikan di antaranya ambulans.

Lihat juga video 'Dua Provinsi Ini Masih Menerapkan PPKM Level 4':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT